Analisa Usaha Keripik Yang Bisa Kamu Terapkan Untuk Bisnismu!

Keripik adalah makanan yang sering kita jumpai baik di toko, pasar, atau swalayan. Keripik memiliki banyak peminat karena harga dan rasanya pas untuk semua kalangan. Karena peluang usaha begitu besar banyak orang memanfaatkan hal ini. Maka dari itu, kita akan membahas tentang analisa usaha keripik.

Keripik

analisa usaha keripik

 

Keripik merupakan olahan dari bahan sayuran,umbi-umbian,tempe, dan lain sebagainya yang diiris tipis-tipis dan digoreng hingga garing. Rasa yang dihasilkan keripik adalah gurih dan asin. Sensasi gurih, asin dan tekstur garingnya menjadi kesenangan sendiri bagi pecinta keripik. Terdapat berbagai macam keripik yang banyak diminat masyarakat indonesia, antara lain Keripik Singkong, keripik pisang, keripik kentang, keripik bayam, Keripik tempe, dan masih banyak lagi.

Peluang Usaha Keripik

Semakin berkembangnya zaman membuat olahan makanan atau minuman yang dulunya hanya memiliki satu variasi menjadi lebih berkembang. Hal ini juga berlaku untuk usaha keripik. Peluang usaha keripik singkong, tempe, pisang, dan yang lain ikut meningkat berkat banyaknya variasi di pasaran.

Hal ini bagus bagi konsumen karena bisa lebih memiliki pilihan dalam membeli barang. Berbeda halnya dengan produsen keripik, semakin banyak pesaing bisnis yang mengembangka produk keripiknya semakin besar tantangan yang harus dihadapi. Para pelaku bisnis ini harus benar-benar melakukan analisa usaha keripik dengan matang dan yakin.

Berikut ini peluang usaha keripik yang bisa kamu kembangkan untuk bisnismu, antara lain :

Info Usaha Keripik Singkong Pedas

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang keripik.Hal ini akan memberikan kesempatan bagi para calon pelaku usaha untuk mencoba memenuhi permintaan konsumen akan keripik yang diinginkan di pasaran.

Target Pasar Keripik

Bisnis keripik ini mudah dikelola karena target pasar yang meluas. Semakin banyak target pasar pada usaha keripik ini semakin baik untuk bisnismu sebab kamu bisa memulai usaha tanpa kendala. Apalagi bagi para pembeli yang doyan makan camilan pasti tidak akan mau ketinggalan mencoba keripik.

Bahan Baku Usaha Keripik 

Ketika membuka usaha keripik tentukan bahan baku dan tambahan yang dibutuhkan dalam produksinya, misalnya singkong, tempe, kentang, minyak goreng, dan bumbu tambahan lainnya. Supaya produkmu semakin disukai maka gunakan bahan yang fresh dan layak dikonsumsi.

Peralatan Usaha Keripik

Siapkan peralatan secara lengkap untuk memudahkan produksi. Kamu bisa list alat yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha keripik. Untuk memudahkan dalam pembutan keripik, kamu bisa gunakan mesin pemotong untuk bahan baku atau mesin untuk mengemas keripik.

Pengemasan Produk Keripik

Pengemasan produk bisa dibilang hal yang penting dalam penjualan dipasaran. Kamu bisa membuat kemasan yang menggunakan label pada plastik kemasan, menggunakan plastik yang tebal, mencantumkan nomor bpom, dan menambahkan kode kadaluarsa sehingga para pembeli tahu kapan masa kadaluarsa dari produk yang dijual.

Promosi Produk Keripik

Gunakanlah berbagai macam metode promusi untuk produk keripikmu. Kamujuga bisa meluaskan jaringan konsumenmu dengan mempromosikan lewat media social. Hal ini dilakukan agar produkmu bisa dikenal banyak orang dari berbagai daerah dan golongan.

Strategi Usaha Keripik

Rasa dari keripik singkong yang kamu produksi harus memuaskan, kamu perlu mengetahui cara membuat keripik dengan benar. Supaya keripik yang kamu produsi menarik perhatian pembeli maka buatlah keripik dengan berbagai variasi. Jadi para pembeli bisa memilih variasi sesuai yang mereka inginkan.

Kualitas rasa dan kemasan produk adalah hal yang perlu ditonjolkan agar para konsumen bisa mengetahui jenis keripik yang berkualitas dipasaran.

Analisa Usaha Keripik

analisa usaha keripik

Berikut ini contoh analisa usaha keripik yang bisa kamu terapkan, yaitu :

1. Analisa Modal

Modal usaha keripik sebenarnya cukup terjangkau, kamu cukup menyiapkan bumbu dan bahan dasar dari keripik tersebut. Secara garis besar berikut ini adalah modal usaha yang kamu perlukan untuk memulai usaha keripik

  • Bahan dasar (sesuaikan dengan hasi produksimu) : Rp2.000.000
  • Gas dan bumbu yang digunakan : Rp500.000
  • Kemasan : Rp300.000
  • Transportasi : Rp300.000
  • Gaji 2 karyawan : Rp2.500.000
  • Lain-lain : Rp300.000

Total modal awal yang kamu butuhkan sekitar Rp5.900.000. Dengan modal awal tersebut kamu bisa memulai memproduksi keripik. Namun modal yang dijelaskan tadi belum termasuk tempat atau stand kamu berjualan secara offline.

2. Analisa Keuntungan Usaha Keripik

Kita umpamakan kamu bisa menjual keripik sebanyak 50 bungkus, dimana setiap bungkusnya memiliki harga jual Rp5000. Maka dalam sehari kamu dapat menghasilkan Rp250.000. Jika penualan berjalan normal dan lancar dalam satu bulan pendapatan usaha keripik sebesar Rp7.500.000.

Keuntungan yang kamu dapatkan masih harus dikurangi dengan biaya modal. Sehingga Rp7.500.000-Rp5.900.000 = Rp1.600.000. Keuntungan yang kamu peroleh tersebut masih bisa bertambah, apalagi jika kamu sudah bisa menaikkan jumlah produksi dan membuka cabang atau memiliki pemasaran yang lebih luas.

Demikian pembahasan mengenai analisa usaha keripik, kamu bisa menggunakan cara-cara di atas supaya bisnis keripik yang sedang kamu jalani berjalan dengan lancar. Semoga penjelasan tadi bermanfaat dan bisa membantu!