Cara Memasak Nasi Jagung Dengan Magic Com Pulen Dan Tradisional

Cara memasak nasi jagung dengan magic com sama layaknya memasak nasi pada biasanya. Di kalangan para ibu, pada dasarnya memasak nasi tentu lebih mudah memakai rice cooker atau magic com. Nasi jagung yang bertekstur pulen akan punya daya tarik tersendiri disertai rasanya yang lembut dan manis bikin menambah kelezatan hidangan yang dinikmati.

Tidak perlu berlama-lama, yuk ikuti resep dan cara memasak nasi jagung dengan magic com yang mudah dibuat dirumah tentu dengan rasa yang mantap pula!

Pengertian Nasi Jagung

cara memasak nasi jagung dengan magic com
Nasi jagung atau biasa dikenal dengan nasi empog adalah suatu makanan khas indonesia yang terbuat dari bahan dasar jagung yang telah tua dan ditumbuk halus lalu diolah sampai menyerupai nasi. Sebetulnya alasan diciptakannya nasi jagung yaitu sebagai pengganti nasi putih. Sebab zaman dulu harga beras cukup mahal bagi kalangan menengah ke bawah yang kurang mampu untuk membeli beras.

Disamping itu, nasi jagung merupakan salah satu pilihan pengganti nasi putih bagi yang sedang diet bahkan bagi penderita diabetes, karena nasi jagung tersebut tinggi akan serat, vitamin dan mineral. Manfaat yang diperoleh ketika mengkonsumsi nasi jagung, antara lain :

  • Menurunkan resiko anemia
  • Menambah energi
  • Mengontrol diabetes
  • Mencegah peradangan
  • Melancarkan pencernaan
  • Menangkal pengaruh radikal bebas
  • Melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Memasak nasi jagung umumnya dulu dikerjakan menggunakan panci, namun hal itu akan memerlukan banyak waktu dan usaha. Lebih praktis dan simpel lagi jika kita menggunakan Cara memasak nasi jagung dengan magic com berikut ini…

Cara Memasak Nasi Jagung Dengan Magic Com

  1. Sediakan beras jagung sesuai kebutuhan lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Rendam beras dalam air panas selama 1 jam, angkat dan tiriskan.
  3. Tuangkan air rendaman beras jagung ke dalam magic com pakai ukuran tinggi air sekitar 2 cm di atas beras.
  4. Masak dan biarkan sampai matang, biasanya memerlukan waktu sekitar 30 menit
  5. Sesudah matang, aduk nasi jagung dengan merata dari bagian bawah sampai pinggir nasi agar mencegah nasi gampang kering.
  6. Nasi jagung siap untuk dihidangkan!

Cara Memasak Bubur Jagung Manis dan Lezat

cara memasak nasi jagung dengan magic com

Bahan-Bahan :

  • 2 buah jagung manis, pipil
  • 500 ml santan cair
  • 200 ml susu cair
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 sdm tepung maizena + sedikit air
  • 1 batang kayu manis
  • 1 lembar daun pandan
  • Sedikit garam

Cara Membuat Bubur Jagung :

  1. Kupas kulit jagung dari bongkolnya serta cabut rambut jagungnya lalu cuci jagung sampai bersih
  2. Pipil jagung dari bongkolnya hingga habis, jika kesulitan Anda bisa menggunakan mesin pemipil jagung. Dengan memakai mesin tersebut akan sangat mudah dalam mengerjakan pemipilan dan juga tidak terlalu menghabiskan waktu dan tenaga.
  3. Setelah itu, bagi jagung ang sudah dipipil menjadi 2 bagian. Blender bagian pertama sampai halus, sementara untuk bagian kedua biarkan dalam bentuk jagung pipil.
  4. Masak bersamaan air santan, kayu manis, pandan dan garam, kemudian aduk terus sampai merata tapi jangan terlalu mendidih.
  5. Saat santan sudah terasa panas, masukkan jagung yang telah di blender tadi serta jagung pipil. Aduk lagi terus sampai tercampur rata dan mendidih.
  6. Tambahkan susu dan gula, aduk kembali dan masak hingga matang.
  7. Bila telah matang, tambahkan maizena cair. Masak lagi sebentar saja
  8. Jika terasa sudah mengental, matikan kompor lalu tuangkan pada mangkuk.
  9. Bubur jagung siap disantap!

Itu dia cara memasak bubur jagung yang tentunya mudah untuk dicoba ketika sedang bersantai dirumah. Terdengar sungguh menggiurkan bukan? Kunjungi resep yang tak kalah menggugah selera : Cara Buat Bakso Tahu Tanpa Daging Ekonomis Lembut dan Mantap.

Bubur ini juga sangat cocok buat Anda yang sedang menjalankan diet, sebab kandungan serat yang tinggi bikin kenyang lebih lama. Sementara itu, olahan nasi jagung juga sangat pas dan nikmat bila disandingkan menggunakan beraneka lauk pauk. Selamat mencoba memasak!