Resep Cara Membuat Bakpia Khas Yogyakarta Mudah Dirumah

Bakpia makanan yang sudah tidak asing lagi bukan ditelinga anda, cara membuat bakpia pun terbilang mudah untuk anda buat sendiri di rumah. Yuk simak resepnya berikut ini, sebelum itu ada sedikit penjelasan mengenai makanan satu ini.

Apa Sih Bakpia Itu ?

Bakpia adalah makanan tradisional khas yogyakarta, kue yang berisi campuran kacang hijau. Bentuknya yang kecil dan rasanya yang manis dan asin membuat makanan ini memiliki rasa yang unik. Masyarakat Yogyakarta atau wisatawan yang datang kesini sangat menyukai makanan jenis ini.

Selain itu, Bakpia juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta. Oleh karena itu sajian yang unik ini merupakah salah satu icon dari kota Yogyakarta.

Menurut beberapa sumber, Bakpia ini aslinya berasal dari Tiongkok. Di negara asalnya, bakpia ini disebut “tou luk pia”, yang berarti “kue daging” dalam dialek Fujian. Namun Bakpia Yogyakarta sudah beradaptasi budaya dan beradaptasi cita rasa sesuai dengan lidah masyarakat Yogyakarta, sehingga Bakpia ternyata adalah kue unik yang di isi dengan pasta kacang hijau. Rasanya berbeda dan memiliki cita rasa yang unik.

Bakpia ini hampir sama dengan roti bakpao, namun yang membedakan adalah bentuknya yang kecil dan teksturnya yang kering namun lembut. Bakpia ini dibuat dengan cara membungkus campuran kacang hijau dan gula pasir dalam adonan tepung lalu dipanggang.

Dalam proses pembuatan bakpia membutuhkan keahlian khusus, karena jika tidak ditangani dengan baik maka bentuk dan rasanya tidak akan sempurna. Namun disini mimin bakalan bimbing kalian untuk membuat bakpia dengan benar sob. Mimin bakalan bimbing kalian melalui artikel ini nih sob, jadi perhatikan langkah langkahnya dengan benar.

Cara Membuat Bakpia

Bahan Isian :

  • 140 gram tepung terigu sangrai merek segitiga biru maupun kunci biru;
  • satu setengah sendok makan maizena campur air utk msg2 adonan isian;
  • 3 sendok makan air dingin utk melarutkan adonan isian;
  • 125 gram gula halus;
  • 15 gram coklat bubuk merek java;
  • 150 gram keju bubuk parmesan cheese;
  • 40 gram susu bubuk fullcream;
  • 50 gram margarine (blue band).

Bahan Kulit Lapisan Pertama :

  • 7 gram maizena;
  • 70 gram gula halus;
  • 120 sampai 135 ml minyak sayur;
  • 60 ml air;
  • 200 gram tepung terigu serbaguna merek kunci biru;
  • 1 sendok teh garam.

Bahan Kulit Lapisan Kedua :

  • 3 sendok makan tepung maizena;
  • 60 ml minyak sayur;
  • 3 sendok makan margarine atau butter.

Cara Membuat Bakpia :

  1. Isi: Gunakan spatula dan tangan untuk mencampur semua bahan kecuali coklat, keju, tepung maizena dan air es. Bagi dengan 2, lalu campur tiap bagian dengan kandungan yang berbeda (yaitu coklat dan keju), lalu tambahkan air dan tepung maizena – jika adonan belum mencapai bentuknya, maka bisa dibentuk. Bulat dan datar.
  2. Pertama tama kita akanMembuat kulit lapisan pertama Campur dan uleni berbagai bahan (kecuali tepung maizena) dengan tangan, hingga halus / bisa membentuk warna putih lengket, agak mengkilat dan lembab. Kami menyarankan Anda untuk mencampur minyak akhir dan secara bertahap jangan menggunakannya secara berlebihan untuk membuat adonan menjadi halus. Atau tambahkan tepung jagung untuk membantu mendapatkan bentuk yang halus atau mudah dibentuk. Kemudian bagi menjadi 28 bagian (melingkar).
  3. Lalu lanjutkan membuat kulit lapisan kedua dengan cara Campur tepung dan minyak dengan tangan dan uleni hingga halus, dan dapat membentuk keadaan agak kuning dibandingkan dengan kulit A, dan warnanya lebih cerah. * Sedikit demi sedikit tambahkan minyak, jika adonan masih sulit dibentuk tambahkan margarin dan tepung maizena. Kemudian bagi 28 bagian (melingkar).
  4. Letakkan adonan kulit kedua pada lapisan kulit pertama yang sudah dicampurkan dan uleni bersama dengan roller. Kemudian membentuk bentuk amplop yang tertutup seperti gumpalan, lalu gulung. Bentuklah seperti amplop dan gulung amplop terakhir untuk mengisinya . Isi coklat / keju yang sudah dibentuk menjadi bentuk bulat pipih kemudian diletakkan di atas kulit yang sudah disiapkan.
  5. Kemudian tutupi filler dengan membuat ujung-ujung kulit rapi dan rapi. Lakukan ini sampai adonan habis. Letakkan di atas loyang, sisakan sedikit jarak di antara keduanya.
  6. Panaskan oven selama kurang lebih 15 menit, tetapi jangan panaskan oven terlalu tinggi agar adonan benar-benar matang dan tidak susut.
  7. Masukkan loyang yang berisi semua adonan tadi dan panggang hingga warna dasar bakpia berubah menjadi cokelat. Jangan terlalu dipanggang terlalu lama agar teksturnya tidak mengeras
  8. Keluarkan dan bakpia siap untuk disajikan.

Bagaimana tertarik untuk mencoba resep cara membuat bakpia sendiri di rumah ? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menyjikan makanan ini bagi keluarga anda di rumah. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.