Cara Membuat Bakso Urat Enak dan Bergizi

Siapa sih yang tidak mengenal bakso? Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat bakso urat yang enak dan bergizi tentunya, ikutin terus dan jangan samoai ada yang terlewatkan ya !!!

Sebelum memasukki ke tahapan cara membuat bakso urat, mari kita kulik sekilas tentang bakso !

 

Pengertian Bakso

Bakso merupakan makanan khas asal Indonesia yang banyak di gemari oleh masyarakat di Indonesia. Bakso sendiri mempunyai ciri khas tertentu yaitu bentuk nya yang bulat menyerupai bola pimpong.

 

Tak heran kenapa bakso banyak di gemari oleh kalangan masyarakat baik anak kecil sampai orang tua menyukai bakso. Dengan pengolahan yang cukup simple bakso bisa di buat sendiri di rumah.

 

Biasanya olahan bakso terbuat dari daging , jenis daging nya pun beragam bisa daging sapi , ayam maupun ikan , dengan di campuri tepung dan bumbu yang menabah kelezatan pada bakso dan biasanya penyajian bakso di tambahkan mie kuning, bihun, dan sayuran lalu di guyur dengan kuah yang menambah kelezatan dan kenikmatan dari bakso.

 

Jenis-jenis Bakso

 

Jenis bakso di Indonesia sangat beragam dengan cita rasa yang beragam pula, banyak masyarakat di Indonesia memodifikasi rasa dari bakso asli nya.

Berikut ini beragam jenis bakso di Indonesia :

1. Bakso Sapi

Bakso sapi banyak di temukan di setiap daerah di Indonesia , bakso sapi merupakan bakso terfavorit di Indonesia, dengan cara pembuatan yang simpel.

Bakso sapi terbuat dari daging sapi pilihan yang di olah dengan tepung terigu dan di bentuk bulat-bulat. Cara penyajian dari bakso sapi ini beragam , ada yang di sajikan hanya dengan saos sambal da nada juga yang menyajikan dengan kuah , dan juga ada yang menyajikan nya dengan bihun dqan sayuran.

 

2. Bakso Keju

Bakso keju merupakan inovasi dari penjual bakso yang ada di Indonesia, seperti cita rasa yang lezat dan berbagaimacam campuran dari bakso nya salah satunya adalah bakso keju.

Bakso keju sama dengan bakso sapi tetapi di dalam bakso ini terdapat isian keju, bisa keju mozzarella atau pun keju biasa. Biasanya para pedagang membuat inovasi seperti ini untuk menambah daya tarik pembeli.

 

3. Bakso Ayam

Bakso Ayam cukup digemari oleh masyarakat Indonesia seperti halnya dengan bakso sapi. Tetapi bakso ayam tidak se-populer seperti bakso sapi, karena teksturnya tidak sebaik dengan olahan bakso sapi, maka dari itu bakso ayam biasanya di olah sendiri untuk dimakan sendiri.

Bakso ayam biasanya menjadi bahan olahan utama untuk soup dan biasanya menjadi bahan tambahan masakan rumahan.

 

4. Bakso Ikan

Sama seperti halnya bakso sapid an bakso ayam , bakso ikan menjadi bakso terfavorit setelah bakso sapi.

Dengan teksturnya yang lembut , kenyal dan berwarna putih dan ukurannya yang kecil bakso ikan menjadi kegemaran setiap anak kecil saat menyantap bakso ini.

 

5. Bakso Urat

Pasti banyak yang udah tau dengan bakso urat bukan ? , ya bakso urat banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, biasanya bakso urat akan di sajikan dengan bakso sapi .

Untuk membahas lebih lanjut mengenai bakso urat dan cara membuat bakso urat , yuk simak penjelasannya berikut ini!!

 

Apa Itu Bakso Urat?

Bakso urat merupakan olahan dari urat sapi sama seperti halnya daging sapi, bakso urat menjadi makanan favorit  di setiap daerah.

Dengan pengolahan yang simpel dan tekstur dari bakso yang kenyal tak heran jika bakso urat menjadi bakso favorit.

 

 Manfaat Bakso Urat Bagi Kesehatan

Pasti kalian semua pada penasaran dengan manfaat apa yang di dapat jika kita mengkonsumsi bakso urat bukan?

Nah, berikut penjabaran dari berbagai sumber yang saya dapatkan mengenai manfaat mengkonsumsi bakso urat bagi kesehatan tubuh , inilah beberapa manfaatnya !!

 

1. Menambah Tenaga

Yak, mengkonsumsi bakso dapat menambah tenaga atau membuat kita terasa lebih kenyang setelah mengkonsumsi bakso.

Kok bisa sih? Padahal kita Cuma makan bakso aja gak makan nasi tetapi udah ngerasa kenyang aja ?” pasti bahyak pemikiran seperti ini bukan ? ini penjabaran dari pertanyaaan seperti itu , karena terdapat kandungan karbohidrat dan lemak di dalam daging bakso dan dengan memakan bakso kita juga bisa merasa kenyang lebih lama.

 

2. Pertumbuhan Tubuh

Kenapa bisa mengkonsumsi bakso manfaatnya bisa ke pertumbuhan tubuh? Ya bisa, karena di dalam kandungan bakso terdapat protein hewani yang cukup tinggi.

Kandungan protein hewani juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan membantu pertumbuhan.

 

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Loh kok bisa, bukan nya bakso itu buat bodoh ya?  Eitsss,, siapa nih pemikirannya masih seperti ini? yuk rubah pola pikirnya dari sekarang!!

Bakso memiliki kandungan protein hewani , hal ini lah yang mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Menurut Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, MS PhD, ”Protein hewani membuat fungsi otak jadi lebih baik sehingga mampu meningkatkan prestasi dan produktivitasnya”

Jadi jangan berpikiran lagi ya kalo mengkonsumsi bakso dapat membuat kita bodoh!!

 

4. Meningkatkan Kinerja Otot

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi Bkaso adalah meningkatkan kinerja otot , Karena ini di sebabkan oleh senyawa carnosine yang ada di dalam daging sapi , senyawa ini sangat penting bagi fungsi otot.

Senyawa carnosine ini dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi kelelahan. Tetapi tetap harus diimbangi dengan olahraga ya!

 

5. Mencegah Anemia

Manfaat satu ini mungkin banyak yang belum mengetahui nya, karena daging sapi kaya akan zat besi maka dari itu jika mengkonsumsi bakso akan mencegah penyakit anemia.

Bahkan zat besi ini dinilai lebih baik daripada zat besi yang berasal dari tumbuhan karena lebih mudah dicerna oleh tubuh. Untuk itulah, agar tidak kekurangan darah, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang satu ini.

 

6. Bermanfaat Untuk Diet

Bakso memang mengandung lemak yang tinggi, namun bukan berarti kamu tidak bisa diet dengan makanan yang satu ini. Dengan syarat, mengkonsumsinya dalam batas yang wajar alias tidak berlebihan. Lemak yang tinggi pada bakso juga diimbangi kandungan protein yang juga tinggi.

Kandungan protein pada daging sapi/daging bakso ternyata dapat membantu pembakaran kalori dengan lebih efektif. Selain itu, sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan panganan bakso juga membuat kamu kenyang lebih lama sehingga tidak membuat kamu makan secara terus menerus.

 

Itulah berbagai manfaat dari bakso, asal mengkonsumsi bakso tidak berlebihan , insyaallah manfaat di atas dapat benar-benar untuk kesehatan tubuh.

 

Setelah mempelajari jenis-jenis bakso, pengertian bakso , dan bakso urat serta manfaat dari mengkonsumsi bakso. Sekarang kita melanjutkan pembahasan tentang cara membuat bakso urat.

 

Cara Membuat Bakso Urat

Cara membuat bakso urat juga berbeda-beda, ada yang mudah dan ada juga yang sulit.

Untuk mengetahui lebih jelas berbagai macam cara membuat bakso urat, yukk simak penjelasannya!

 

1. Cara Membuat Bakso Urat Sederhana

Bakso urat sederhana biasanya di olah untuk di makan sendiri , tetapi banyak juga para pedagang membuat bakso urat sederhana untuk di jual , berikut resep bakso urat sederhana!

Bahan :

  • 250 gram daging sapi berurat
  • 3 sdm tepung sagu
  • 1 putih telur ayam
  • 5 siung bawang putih, goreng lunak dan haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris halus dan tumis 30 detik
  • 1 mangkuk kecil es batu
  • 1/2 sdt merica
  • 2 sdt garam
  • 1/4 sdt baking powder
  • air secukupnya untuk merebus bakso

Cara Membuat Bakso Urat:

  1. Cincang daging sapi dengan pisau agar lebih mudah diblender.
  2. Blender daging cincang bersama es batu sedikit demi sedikit sampai halus.
  3. Campur daging hasil blenderan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, daun bawang, tepung sagu, merica, garam, putih telur, dan baking powder.
  4. Panaskan air di panci sampai mendidih, lalu bentuk adonan bakso menjadi bola-bola dengan bantuan dua buah sendok dan masukkan ke dalam rebusan air.
  5. Masak bakso sampai mengapung, tunggu selama 5 menit lagi, kemudian angkat dan tiriskan.

 

2. Cara Membuat Bakso Urat Dengan Pengenyal Agar-agar

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa pengenyal bakso bisa dari agar-agar. Memang jarang ada yang membuat bakso dengan pengenyal agar-agar tetapi banyak juga pedagang yang membuat bakso dari pengenyal agar-agar ini, berikut resep dan cara membuat nya.

Bahan:

  • 400 gram daging sapi, cincang kasar
  • 100 gram urat sapi, cincang halus
  • 100 gram tepung sagu
  • 75 gram es batu
  • 4 Siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 putih telur ayam
  • 1/4 sendok teh gula
  • 1/2 bungkus agar-agar plain
  • 1/2 sendok teh baking powder

Cara Membuat Bakso Urat:

  1. Blender daging sapi yang sudah dicincang bersama bawang putih, putih telur, es batu, garam, merica, dan gula. Sisihkan uratnya.
  2. Setelah daging halus, campur dengan urat yang sudah dicincang dan tepung sagu.
  3. Panaskan sekitar 1,5 liter air, kemudian bulatkan adonan bakso dengan tangan atau dua buah sendok makan. Segera masukkan ke dalam rebusan.
  4. Rebus bakso sampai padat dan mengapung. Jika sudah mengapung, rebus terus selama 5-10 menit lagi agar bagian dalamnya benar-benar matang.

 

3. Cara Membuat Bakso Urat Jamur Tiram

Nah , yang satu ini mungkin belum banyak di temukan pada pedagang bakso, yukk coba resep nya untuk di rumah

Bahan:

  • 500 gram daging sapi berlemak dan urat sapi
  • 4 buah jamur tiram besar
  • 1 butir telur ayam
  • 6 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdm baking powder
  • 6 siung bawang putih kating, goreng lunak dan haluskan
  • 4 sendok makan bawang merah goreng
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Bakso Urat Jamur:

  1. Rebus sebentar jamur tiram, lalu peras dan cincang.
  2. Campur jamur dan semua bahan bakso lainnya.
  3. Panaskan air di panci sampai mendidih, lalu bentuk adonan bakso menjadi bola-bola dengan bantuan dua buah sendok dan masukkan ke dalam rebusan air.
  4. Masak bakso sampai mengapung, tunggu selama 5 menit lagi, kemudian angkat dan tiriskan.

 

4. Cara Membuat Bakso Urat Tulang Rangu

Bakso urat tulang rangu sepertinya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, karena bakso urat tulang rangu sendiri sudah banyak di pasaran untuk menambah atau bahan campuran dari bakso utama nya, berikut resep dan cara pembuatannya!

 Bahan :

  • 500 gr daging sengkel
  • 200 gr tulang rangu
  • 300 gr tapioka
  • 2 telur ayam ukuran sedang
  • 7 siung bawang merah, iris & goreng
  • 5 siung bawang putih, iris & goreng
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 3 sdm es batu

Cara Membuat :

  1. Potong daging kotak kotak supaya mudah untuk dihaluskan
  2. Siapkan tulang rangu. Begini nih penampakannya. Beli di online shop sdh dipotong kecil dan direbus, jadi tinggal pakai.
  3. Timbang tepung tapioka. Sisihkan.
  4. Masukan daging yang sudah dipotong dan es batu ke food processor. Giling sampe halus.
  5. Tambahkan bawang merah & bawang putih yang sudah diiris dan digoreng. Masukan telur. Aduk rata.
  6. Masukan garam, kaldu bubuk, lada bubuk, baking powder dan tepung tapioka. Aduk rata.
  7. Pindahkan ke mangkok, tambahkan tulang rangu. Bisa dicicipi rasa dengan goreng sedikit tanpa minyak atau di rebus. Koreksi rasa jika perlu.
  8. Didihkan air. Jika sudah mendidih, api bisa dikecilkan atau dimatikan. Cetak adonan bakso bentuk bulat, bisa menggunakan tangan atau menggunakan 2 sendok makan.
  9. Masukan ke dalam air yang sudah mendidih. Tunggu sampai mengapung. Angkat & tiriskan.

 

5. CaraMembuat Bakso Urat Telur

 

Bakso urat telur, sudah banyak di temukan di pasar pasar atau di tempat penjual bakso, jika ingin membuat bakso urat telur di rumah juga bisa kok, yuk simak cara pembuatannya berikut ini!

Bahan :

  • 250 gr daging sapi berurat
  • 5 butir telur ayam (untuk isian bakso)
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 1 putih telur
  • 2 kotak es batu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 kaldu jamur
  • 1 liter air

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih telur ayam kemudian rebus hingga matang. Kupas dan sisihkan. Goreng bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.
  2. Masukkan daging sapi, putih telur, tepung tapioka, bawang merah, bawang putih goreng, baking powder, garam, kaldu dan es batu ke dalam chopper.
  3. Giling daging hingga halus. Ambil telur baluri dengan adonan daging hingga seluruh permukaannya tertutup. Sisihkan.
  4. Masak air hingga mendidih, kecilkan apinya. Masukkan adonan bakso telur tadi. Sisa adonan daging bentuk bulatan menggunakan tangan, ambil menggunakan sendok. Rebus hingga matang atau semua bakso mengapung.
  5. Angkat dan tiriskan. Bakso sudah siap dihidangkan.

 

6. Cara Membuat Bakso Urat Rusuk (Iga)

Bakso urat rusuk (iga) jarang sekali di temui, hanya segelintir pedagang bakso yang membuat bakso rusuk (iga), tapi jangan khawatir , kita bisa membuat sendiri di rumah. Simak resep dan cara pembuatannya berikut ini!

Bahan Bakso :

  • 1/2 kg tetelan campur daging sapi / daging sapi giling
  • 1 butir telur
  • 5 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung sagu
  • 2 cup es batu
  • 7 siung bawang putih haluskan
  • Bawang merah goreng
  • Kaldu penyedap,garam
  • 1 sdt lada

Bahan Kuah :

  • 1/2 kg iga sapi
  • 7 siung bawang putih haluskan
  • 1 sdt lada
  • 2 bungkus kuah bakso mama suka (menyesuaikan air)
  • garam
  • Air secukupnya (saya pakai seperempat panci sedang)

Cara membuat :

  1. Buat bakso : cincang kecil2 tetelan daging lalu blender (saya pakai blender, dicincang dulu supaya mudah) masukan bawang putih giling, lada, es batu, garam
  2. Tuang ke baskom untuk adonan lalu beri 1 butir telur dan uleni. Setelah merata tuang tepung perlahan sampai tekturnya bisa dibentuk, kalau masih susah dibentuk tambahkan tepung sedikit demi sedikit (saat blender daging jgn kebanyakan es batu /air es nanti jadi lembek susah dibentuk
  3. Lalu siapkan air untuk merebus bakso di panci kecil, cetak bakso dengan tangan dan dibantu sendok, saat memasukkan bakso yg dicetak, baiknya sendok masuj ke air rebusan supaya bakso bisa lgsg lepas dan terbentuk bulat
  4. Kuah bakso : rebus iga sapi selama 2-3jam (biar iganya empuk dan kaldunya keluar) atau pakai presto biar cepat
  5. Tumis bawang putih dan lada dengan sedikit minyak, lalu masukan ke air rebusan iga, tambahkan bumbu kuah bakso, garam
  6. Rebus dengan api kecil selama mungkin (kurang lebih 1 jam) makin lama makin sedap kaldunya
  7. Sajikan di dalam mangkok, bakso siap di hidangkan dalam keadaan hangat.

 

Itu lah beberapa cara membuat bakso urat dengan berbagaimacam resep. Semoga artikel ini dapat membantu teman teman semua dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih dan selamat mencoba di rumah ya !!