Resep Cara Membuat Kentang Panggang Mudah dan Enak Ala Rumahan

Punya stok kentang tapi tidak tahu mau diapakan ? Yuk cobain resep cara membuat kentang panggang yang mudah dan enak berikut ini. Mungkin makanan ini sangat jarang ditemui karena biasanya makanan ini disajika disebuah restoran bintang lima dan harganya cukup mahal.

Cara Membuat Kentang Panggang

Bahan-Bahan :

  • 3 kentang sedang, kupas, iris tipis, kukus
  • 1 genggam brokoli, kukus
  • 2 sdm sayur campur
  • 3 sosis koktail, iris
  • 2 iris daging asap, iris
  • 2 sendok makan daging sapi giling
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 3-4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 bawang bombay besar, cincang
  • 1 sendok makan tepung
  • 200-250 cc susu UHT
  • Secukupnya Garam & merica
  • Peterseli untuk taburan

Cara Membuat Kentang Panggang :

  1. Siapkan semua bahan
  2. Panaskan mentega, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan bawang bombay, tumis hingga layu
  3. Masukkan daging giling, masak hingga berubah warna. Tambahkan sosis & bacon. Aduk sebentar
  4. Taburi dengan tepung, aduk cepat. Tuang susu, aduk hingga mendidih.
  5. Taburi dengan garam & merica, cek rasa.
  6. Tambahkan brokoli kukus & sayuran campur. Aduk rata. Tambahkan keju parut. Mengaduk.
  7. Siapkan wadah tahan panas/alumunium foil. Atur beberapa irisan kentang kukus di bagian bawah. Taburi kuah, taburi keju parut.
  8. Tata kentang di atasnya. Siram kembali saus sampai habis.
  9. Terakhir taburi dengan parutan keju mozzarella/quickmelt. Taburkan peterseli di atasnya (lupakan ini sebelumnya)
  10. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang 170-180 ° C selama 30 menit sampai matang.
  11. Kentang panggang siap disantap.

Nah itulah resep cara membuat kentang panggan dengan bahab-bahan yang mudah untuk anda cari sendiri dipasar atau warung terdekat rumah anda. Kentang selain bisa mengganjal perut ternyata makanan ini jugamemiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagikesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat kenntang yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Kentang

1. Mengandung Antioksidan

 

Kentang sangat kaya akan flavonoid, gomonoids, dan asam fenolik. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan dalam tubuh, mencegah munculnya radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel-sel tubuh.

Akumulasi radikal bebas diyakini menjadi faktor risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Penelitian dari Nutrition and Cancer tahun 2011 menunjukkan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

Anda bisa memulainya dengan mengurangi nasi putih dan menggantinya dengan kentang rebus agar daya tahan tubuh Anda lebih maksimal.

2. Menjaga Berat Badan

Manfaat kentang rebus selanjutnya yang paling populer adalah cocok untuk mendukung program penurunan berat badan. Makan kentang rebus sebagai makanan pokok tidak akan menyebabkan penambahan berat badan. Di sisi lain, ini mengurangi berat badan, tetapi hanya dengan syarat kentang rebus tidak menambahkan garam, keju, atau mayones.

Selain itu, kandungan serat pangan dalam kentang berperan sebagai cadangan nutrisi dalam tubuh dan menyebabkan rasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu Anda makan dan tubuh masih memiliki cadangan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Bebas Gluten

Manfaat kentang rebus selanjutnya berasal dari kandungan bebas glutennya. Gluten adalah sejenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian, seperti bibit gandum. Meskipun kentang bebas gluten, tidak semua resep kentang benar-benar bebas gluten.

Beberapa hidangan kentang mengandung gluten, seperti saus atau roti kentang. Jika Anda memiliki penyakit celiac atau sensitif terhadap gluten, pastikan untuk membaca daftar lengkap bahannya terlebih dahulu, dan jangan lengah karena Anda membahayakan diri sendiri.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Khasiat kentang rebus dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf dan fungsi otak. Kandungan vitamin B6 dalam kentang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan sel saraf atau syaraf.

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 membantu memproduksi bahan kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Kalium dalam kentang juga meningkatkan pelebaran pembuluh darah dan membantu memastikan otak mendapat cukup darah.

5. Pencernaan Lancar

Selain kemampuannya untuk meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak, manfaat kentang rebus juga dapat meningkatkan pencernaan. Manfaat kentang didapat karena kandungan seratnya yang dapat melunakkan sistem pencernaan.

Mengkonsumsi serat juga dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu, terutama usus besar, dan membantu mengatur kadar gula darah dan kolesterol. Namun perlu diingat bahwa kentang bisa mengandung alkaloid, solanin, dan chaconin, yang bersifat racun.

Kentang yang dimasak pada suhu tinggi (di atas 170 ° C) cenderung menghancurkan beberapa zat beracun. Akibatnya, zat beracun ini jika tertelan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit kepala, lemas, dan kram otot, serta dapat menyebabkan hilangnya kesadaran dan koma.

Bagaimana tertarik untuk mencoba resep cara membuat kentang panggang diatas dengan beberapa manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menyajikan makanan ini untuk keluarga di rumah. Semoga berhasil.