Cara Membuat Kerak Telor Sederhana Enak Ala Rumahan

Kerak telor ya makanan yang mungkin sudah jarang ditemui sekarang ini, eits tapi tenang jika anda ingin mencicipi makanan ini anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Yuk simak cara membuat kerak telor dibawah ini.

Kalian udah tahu belum sejarah asal usul dari kerak telur ? Gimana kalau kita bahas dahulu mengenai sejarah asal usul dari kerak telur Oke kalau begitu sebelum ke Cara Membuat Kerak Telur Yang Sederhana Dan Simple Untuk Dibuat , kita bahas dulu yuk tentang sejarah asal usul dari kerak telur . 

Sejarah Asal Usul Dari Kerak Telor

Jakarta, seakan tak akan merayakan hari jadinya yang ke-488 pada 22 Juni 2015. Tentunya HUT Jakarta identik dengan hadirnya sajian khas Betawi yang menghidupkan acara HUT Jakarta. Nah, makanan khas seperti kulit telur pasti bisa didapatkan di festival dan pameran seperti Jakarta Fair di Jakarnaval bulan Juni ini. Biasanya jajanan khas Betavi ini sangat sulit ditemukan di hari-hari biasa, namun saat Jakarta merayakan hari jadinya banyak orang yang menjual kulit telur.
Namun tahukah Anda asal muasal kerak telur sebagai camilan khas Betavi? Karena dulu produk kelapa melimpah, menjadikan Jakarta Sunda Kelapa lebih dulu. Kelapa yang saat itu melimpah ruah dimanfaatkan warga Jakarta untuk mengolah berbagai macam masakan seperti nasi uduk, soto-betawi, kulit telur dan makanan khas Jakarta lainnya. Tak heran jika kuliner Jakarta kaya akan santan.
Diawali dengan uji coba, di mana Jakarta masih dipenuhi pohon kelapa. Masyarakat Betavi Menteng mencoba membuat campuran ketan, kelapa parut, dan bumbu dapur lainnya. Ngomong-ngomong, setelah tetangga mencobanya, banyak yang menyukai makanannya. Oleh karena itu, pada tahun 1970-an resep unik ini mulai dijual di kawasan Monas. Tiba-tiba, kulit telurnya laris manis, menjadi signature dish Betavi bahkan makanan mewah kala itu.
Cara membuat kerak telur juga unik. Kulit telur, dibuat dengan telur ayam atau bebek dan dilengkapi dengan ketan dan nasi aron bersama bumbu lainnya, dimasak dalam irisan, dan setelah setengah matang, wajan dibalik dan dibiarkan terbuka di atas arang sambil ditiup. Setelah sedikit pengeringan dan pemasakan, kerak telor disajikan dengan kelapa parut dan seundeng bawang goreng.

Cara Membuat Kerak Telor

 

cara membuat kerak telor

Bahan Bubuk Kelapa Rebon :

  • 1 / 2 buah kelapa parut, sangrai hingga kering
  • 2 sendok makan udang rebon goreng
  • Gula pasir 1 sdm
  • 1 / 2 sendok teh kaldu jamur bubuk
  • 1 bungkus boncabe kecil

Bahan Basah :

  • 1 butir telur
  • 1 / 2 sendok teh bumbu putih ( bawang merah dan putih )
  • 2 – 3 sdm nasi putih
  • Sejumput garam, merica dan bubuk kaldu

Bahan Taburan :

  • Bubuk rebon kelspa dan bawang goreng

Cara Membuat Kerak Telor :

  1. Rebon coconut powder: Sangrai kelapa parut, hingga renyah berwarna coklat, haluskan bersama udang goreng, gula pasir, gatam, laldu, boncabe. Saat menghaluskan jangan terlalu ditekan agar oli tidak keluar, sisihkan
  2. Kocok telur, nasi, garam, merica, kaldu, bumbu putih dan 2 sendok teh bubuk kelapa rebon hingga rata.
  3. Tuang ke dalam teflon rata, masak sampai bagian bawah agak gosong dan berkerak, balikkan sampai agak gosong. Mengangkat
  4. Taburi dengan 2 sdt kelapa rebon dan 1 sdt bawang goreng, siap dinikmati selagi hangat. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya guys

Budaya Makan Kerak Telor

Budaya makan kerak telur merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang sering disebut dengan telur dadar bebatavia, dimana budaya Betavi dipengaruhi oleh beberapa aspek tradisional, budaya alkoholisme dari Eropa, Cina dan Arab, serta peniruan dan masakan globalisasi lokal.
Betawa memiliki budaya tidak mengandalkan 4 aspek tersebut ketika berkembang di Indonesia, sehingga sulit untuk menentukan keaslian dan keaslian suku Betawi berdasarkan asal usul namanya. Karakter campuran dialek Betavi merupakan cerminan dari budaya Betavi secara keseluruhan, yang merupakan hasil persatuan budaya yang berbeda, baik yang berasal dari daerah lain di nusantara maupun dari budaya lain.
Keberagaman yang luar biasa ini menjadikan masyarakat Betawi dapat menyerap budaya asing yang disesuaikan dengan lingkungan dan budaya sendiri, perdagangan, budaya dan pariwisata di DKI Jakarta. Berbagai upaya dilakukan untuk mempromosikan dan mengembangkan kegiatan kuliner Betavi melalui Festival Kuliner Betavi dan Festival Kerak Telur.
Mudah bukan cara membuat kerak telor sendiri di rumah ? Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerak telur ini sangat mudah untuk anda jumpai di warung atau dipasar sekitar rumah anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *