Cara Membuat Odading Mang Oleh Mudah dan Enak

Sudah tidak asing lagi bukan odading di telinga kalian ? Cara membuat odading pun terbilang sangat mudah untuk anda buat sendiri. Penasaran dengan cara pembuatannya yuk simak resepnya berikut ini.

Kalian udah tahu belum sejarah dari odading ? Gimana kalau kita bahas dahulu mengenai sejarah odading . Oke kalau begitu sebelum ke resep cara membuat odading yang viral rasanya seperti jadi iron man , kita bahas dulu yuk tentang sejarah dari odading

Sejarah Dari Odading

Odadding merupakan salah satu jenis snack tepung, telur dan gula yang digemari masyarakat Pasund. Rasa kue ini lembut dan manis. Harganya juga murah. Saya teringat saat masih SD di awal tahun 1980 an, jenis kue ini biasanya menjadi menu favorit saya dan teman-teman untuk sekedar angkat perut sebelum makan malam.
Yang mengejutkan saya, Odading ini memiliki “hubungan khusus” dengan keluarga Belanda di masa lalu. Remi Silado pernah mengangkat masalah ini dalam artikel berjudul “Terkutuklah Pemuda: Satu Bahasa Nusa Satu Bangsa Dua”. Remy yang sempurna mempresentasikan makalahnya saat menjadi pembicara di Australian Association of Teachers of Indonesian Conference yang diselenggarakan oleh Melbourne Institute of Asian Languages ​​and Societies, University of Melbourne.
Odading ,,,,, nama jajanan khas Bandung ini memang cukup unik. Walaupun ini khas Bandung, sebutan kue berbeda di beberapa daerah. Di Jawa Tengah kue ini dikenal dengan nama propeller bread. Di Jawa Barat kue ini disebut bantal atau roti goreng.
Kue Odading merupakan camilan yang sangat terjangkau, bahan-bahannya cukup mudah didapat. Senang diminum dengan kopi dan teh. Rasanya manis, teksturnya lembut. Cara mengolah saat menggoreng. Terbuat dari tepung terigu, telur dan gula.
Nama aneh yang unik ini berasal dari sejarah sebuah keluarga Belanda kuno. Suatu hari, anak seorang tuan tanah Belanda meminta ibunya untuk membelikannya jajan yang dijual oleh anak desa. Dia hanya menunjukkan jajanan ini, yang membuat sang ibu bingung dengan keinginan anaknya.
Sang ibu penasaran dan kemudian menelepon penjual dan menyuruhnya membuka tokonya sendiri dari daun pisang. Saat membukanya, sang ibu melihat ke arah kuenya, berkata “Oh dat ding,” yang artinya “Oh, item ini.” Makanya nama kue goreng ini dikenal dengan Odading.

Cara Membuat Odading

cara membuat odading

Bahan Bahan Cara Membuat Odading

Bahan A :
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 300 gr tepung terigu
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 cangkir ragi instan
Bahan B :
  • 2 telur
  • 100 mil santan instan
Bahan C :
  • Sedikit garam
  • 1 sendok makan margarin / mentega
  • Sebaran:
  • Air matang secukupnya
Tambahan :
  • Wijen putih secukupnya.

Cara Membuat Odading :

  1. Aduk dan aduk semua bahan A, aduk rata, lalu tambahkan bahan B sesuai pesanan, uleni dengan tangan hingga rata.
  2. Masukkan bahan C, uleni hingga cukup elastis. Anda dapat menggunakan mixer pengait roti dalam proses ini, tetapi menguleni dengan tangan cukup mudah, tidak perlu membuat adonan roti.
  3. Diamkan adonan selama satu jam atau hingga mengembang dua hingga tiga kali, tutup dengan serbet bersih.
  4. Setelah mengembang, tiriskan adonan, taburi tepung secukupnya di atas meja kerja, ratakan adonan setebal kurang lebih satu cm, kemudian potong adonan dengan scraper / pemisah plastik berbentuk persegi.
  5. Ratakan adonan agar tidak saling menempel, diamkan kembali selama 15-20 menit hingga mengembang kembali.
  6. Setelah mengembang kembali, olesi permukaan adonan dengan kuas dan air, lalu taburi dengan biji wijen, berikan tekanan ringan agar biji wijen tidak mudah lepas saat digoreng.
  7. Panaskan minyak dalam jumlah banyak dengan api kecil, tumis. Odading dalam minyak panas, balik sekali sampai kedua sisi matang sempurna dan berwarna cokelat keemasan.
  8. Angkat, saring dan sajikan hangat Odading. Selamat mencoba.
Mudah bukan untuk cara membuat odading di rumah ? Selamat mencoba membuat odading di rumah sendiri dan jangan lupa untuk menyajikan odading bagi keluarga di rumah. Selain itu odading juga bisa anda manfaatkan sebagai ide bisnis jualan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *