Cara Membuat Pastel Abon Yang Renyah Disetiap Gigitannya

Pastel termasuk camilan favorit masyarakat Indonesia baik anak kecil maupun orang dewasa. Sajian satu ini kerap hadir menjadi pengisi snack pada acara-acara ataupun camilan bersantai dimanapun. Cara membuat pastel abon yang renyah bisa dipraktikkan sendiri di rumah dengan sangat simpel.

Terbuat dari kulit pastri tipis yang diberi beraneka isian diantaranya daging ayam, sayuran, bihun, telur atau abon yang praktis. Kemudian dilipat setengah lingkaran dan dibentuktepinya seperti kipas.

Sejarah Singkat Pastel

cara membuat pastel abon yang renyah

Rupanya pastel punya sejarah yang menarik. Awal mula pastel disebut empanada yang merupakan roti isi atau pastry goreng, sering dikenal di Amerika Latin, Eropa Selatan, serta bagian dari Asia Tenggara. Empanada diolah dari adonan roti yang diberi isian mulai dari daging, sayuran, keju, dan lain sebagainya.

Selanjutnya Empanada dibawa ke Amerika Latin dan Filipina oleh bangsa Spanyol dan sampailah ke Indonesia yang akhirnya masyarakat mengenalnya dengan sebutan pastel. Di Indonesia ada dua versi yaitu panada dan pastel.

Panada adalah varian yang punya bagian luar cukup tebal. Sedangkan pastel punya kulit luar yang lebih tipis serta terasa renyah. Isian pastel dan panada dapat disesuaikan dengan selera masing-masing atau sesuai dengan bahan khas di setiap daerah di Indonesia.

Resep Pastel Abon yang Renyah

1. Pastel Abon Super Renyah

Bahan Kulit :

  • 25 sdm munjung tepung terigu (segitiga biru)
  • 5 sdm munjung margarin (blueband)
  • 1 butir telur
  • 2 sdm kaldu bubuk
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1 sdt bawang putih bubuk (optional)
  • 5 sdm air dingin (disarankan air es)

Bahan Isian :

  • 150 gram Abon sapi/ayam
  • 5 sdm bawang merah goreng

Cara Membuat Pastel Abon yang Renyah :

  1. Kocok telor, margarin, bawang putih bubuk, kaldu bubuk, gula hingga semua tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu sambil tuangkan air sedikit demi sedikit serta uleni menggunakan tangan bersih sampai setengah kalis.
  3. Pipihkan adonan dengan ketebalan kurang lebih 3 mm kemudian cetak bundar pakai mulut gelas.
  4. Beri isian pakai campuran abon dan bawang merah goreng, lalu lipat setengah lingkaran.
  5. Pilin dengan mencubit pinggiran kulit dan tutup.
  6. Goreng dalam minyak panas serta api kecil sambil diaduk pelan-pelan.
  7. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, simpan didalam toples.

2. Pastel Abon Renyah Crispy

Bahan-Bahan :

  • 200 gr Tepung Terigu Protein Sedang
  • 75 gr Margarin
  • 1/2 sdt Kaldu Bubuk (aku pakai royco ayam)
  • 1 butir Telur
  • 4 sdm Air Putih
  • 50 gr Abon Sapi

Cara Membuat Pastel Abon yang Renyah :

  1. Masukkan semua bahan (tepung, telur, margarin, kaldu bubuk) lalu aduk memakai garpu.Tambahkan air dan diuleni hingga kalis.
  2. Bagi adonan menjadi bulatan ukuran kecil-kecil lalu pipihkan dan siapkan abon untuk isian, Bentuk layaknya tepi paste lalu susun pada loyang.
  3. Goreng dengan api kecil dalam minyak panas sampai coklat keemasan, pastel mini crispy siap dinikmati.

Tips Membuat Pastel Abon

cara membuat pastel abon yang renyah

 

Pastel sudah dikenal akan teksturnya yang renyah diluar namun lembut didalam. Terdapat cara supaya kulit pastel tetap renyah walau sudah lama disimpan, anti melempem. Silahkan simak tips di bawah ini agar ketahanan pastel awet!

  1. Pastikan isiannya cenderung kering. Isian basah dapat mengakibatkan kulitnya lebih cepat melempem. Oleh karena itu, disarankan bila adonan isi ditiriskan menggunakan saringan selama proses mendinginkan.
  2. Misal isian masih panas akan menguap dan membasahi kulit pastel. Jadi gunakan isian kering dan dingin.
  3. Kulit pastelnya jangan terlalu tipis banget sebab pastel akan menjadi kurang kokoh dan cepat melempem.
  4. Tiriskan pastel dengan benar usai digoreng, dengan cara posisikan pastel berdiri ketika ditiriskan. Ganti juga tisu yang dipakai untuk meniriskan pastel. Anda dapat menggunakan mesin peniris minyak yang akan membuat pastel lebih cepat kering dari minyak serta bikin kulitnya jadi lebih renyah.

Demikian cara membuat pastel abon yang renyah yang dapat dikreasikan dengan berbagai isian dan juga terbilang mudah dan berbahan sederhana.Jika Anda ingin resep makanan yang sehat dan mengenyangkan cocok untuk mencoba Cara Memasak Nasi Jagung Dengan Magic Com Pulen Dan Tradisional

Anda bisa membuat sendiri camilan sesuai dengan selera dan keinginan seperti membuat kulitnya yang garing, renyah, tapi tetap lembut. Selamat berkreasi didapur dan semoga berhasil!