Cara Membuat Smoothies Strawberry Enak Beserta Manfaatnya

Ada stok strawberry di kulkas tapi bingung mau dibuat apa ? Nah pas banget nih resep kali ini mau membuat smoothies strawberry yang enak dan mudah yang bisa anda buat sendiri di rumah. Yuk simak cara membuat smoothies strawberry berikut ini.

Cara Membuat Smoothies Strawberry

Bahan-Bahan :

  • 10 stroberi
  • 125 ml susu
  • 5 balok es
  • 1 sendok makan (15 gram) gula (opsional)
  • 3 sendok es krim

Cara Membuat Smoothies Strawberry :

  1. Potong stroberi. Meskipun resepnya membutuhkan 10 stroberi, mungkin dibutuhkan lebih sedikit atau lebih, tergantung pada ukuran stroberi. Dan itu tergantung pada keinginan Anda untuk smoothie!
  2. Masukkan irisan stroberi ke dalam blender. Peluru ajaib atau pengolah makanan juga bisa digunakan.
  3. Masukkan susu ke dalam blender. 2% susu akan membuat smoothie yang lebih halus dan kental, tetapi susu tanpa lemak, susu kedelai, dan susu almond juga dapat digunakan. Jika Anda tidak punya susu, yogurt juga bisa.
  4. Tambahkan es batu. Untuk smoothie yang lebih kental dan lebih dingin, tambahkan es batu ke dalam blender bersama semua bahan.
  5. Namun, jika Anda menginginkan smoothie yang lebih kental (setidaknya pada awalnya), tambahkan saja es batu setelah smoothie selesai dibuat. Tentukan sesuai selera.
  6. Blender hingga meleleh. Tergantung pada kekuatan blender dan ukuran es batu, proses ini dapat memakan waktu 15 detik hingga 1 menit.
  7. Tambahkan gula, blender lagi selama beberapa detik. Jika stroberi cukup manis, Anda mungkin tidak memerlukan pemanis tambahan. Atau, jika Anda lebih suka sesuatu yang lebih alami, madu adalah alternatif yang bagus.
  8. Tuang smoothie ke dalam gelas. Potong stroberi menjadi dua, lalu potong lagi menjadi dua, sehingga Anda dapat meletakkannya di tepi gelas untuk hiasan. Kenakan payung jerami dan koktail, dan selesai.
  9. Menikmati! Resep di atas membuat satu gelas smoothie stroberi. Hati-hati – smoothie dikenal menarik banyak orang, baik pria maupun wanita. Semoga Anda memiliki materi tambahan di rumah saat Anda diharapkan untuk berbagi!

Manfaat Buah Strawberry

Nah selain enak untuk dijadikan smoothies ternyata strawberry mempunyai beberapa manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam buah strawberry.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Makan stroberi dan jus secara teratur dapat membuat jantung Anda lebih sehat. Kebiasaan ini juga dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan vaskulitis, yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Manfaat tersebut didapat berkat kandungan antioksidan antosianin dan potasium pada stroberi.

2. Mencegah Penuaan Dini

Stroberi mengandung vitamin C dan asam ellagic yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, terutama untuk mencegah penuaan dini. Kedua bahan ini mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan kolagen. Ketika kolagen rusak, garis-garis halus muncul di kulit.

Sebagai tip bonus, Anda juga bisa mengoleskan jus stroberi ke kulit Anda untuk manfaat tambahan. Caranya, cukup usapkan sedikit sisa jus strawberry pada permukaan wajah, biarkan selama 8-10 menit lalu bilas hingga bersih dengan air.

3. Memperkuat Stamina

Makan 150 gram stroberi sudah cukup untuk kebutuhan vitamin C harian Anda. Memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh Anda akan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi stroberi dalam bentuk buah dan jus, sistem kekebalan tubuh Anda akan lebih kuat, sehingga Anda tidak mudah sakit dan cepat sembuh dari penyakit.

4. Mengurangi Peradangan

Selain meningkatkan stamina, jus strawberry juga mengandung sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi berbagai peradangan di tubuh, termasuk radang sendi dan infeksi lain yang disebabkan oleh infeksi atau alergi.

5. Mengurangi Risiko Katarak

Minum jus stroberi secara teratur dapat menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Manfaat tersebut didapat berkat kandungan vitamin C buah strawberry. Vitamin C mampu melawan radikal bebas serta pembentukan kolagen, senyawa yang menyusun struktur kornea mata.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada stroberi, seperti antosianin dan asam ellagic, diduga mampu menetralisir atau melawan radikal bebas penyebab kanker.

Smoothie stroberi dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, Anda tetap harus minum jus stroberi buatan sendiri. Jika Anda membeli jus strawberry kemasan, pilihlah jus yang terbuat dari 100% buah asli. Hindari jus stroberi yang tinggi gula dan mengandung pengawet, perasa, atau pewarna buatan.

7. Meluncurkan Buang Air Besar

Apakah Anda mengalami buang air besar atau sembelit? Jika iya, Anda bisa mengonsumsi stroberi secara rutin. Anda bisa memakan buahnya secara langsung atau dalam bentuk jus.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, stroberi kaya akan serat dan mineral untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Semua bahan tersebut dapat mengatasi masalah sembelit dan melembutkan sistem pencernaan.

Bagaimana tertarik untuk mencoba resep cara membuat smothies strawberry diatas ? Selain memiliki rasa yang segar dan nikmat, minuman tersebut juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.