Termudah Cara Membuat Vla Coklat Enak dan Mudah Dirumah

Cara Membuat vla yang mudah dan enak. Mungkin masakan ini masih cukup asing ditelinga anda bukan ? Pasalnya makanan ini hanya sering disajikan di restoran-restoran dan harganya cukup sangat mahal dari makanan lainnya. Nah jika anda ingin mencicipi masakan ini berikut resepnya.

Apa Itu Vla ?

Meskipun vla ini hanya sebagai bahan pelengkap dalam sebuah masakan, namun peran vla sangat penting untuk membuat sebuah sajian berupa puding menjadi santapan yang sempurna. Jika Anda mungkin juga ingin membuat puding, Anda bisa membaca artikelnya. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat saus manis dan creamy ini memang sangat mudah ditemukan, namun masih banyak yang belum bisa menjadikannya vla yang sempurna.

Siapa sangka bahwa Sejarah Vla sangatlah panjang dan sangat historis sekali. Pada abad ke-13, saat itulah kata “vla” pertama kali didokumentasikan. Kata vla sebenarnya mengacu pada bahan makanan seperti custard yang digunakan untuk melapisi kue atau produk makanan lainnya. Selain itu, kata vla merupakan kata yang berhubungan dan umumnya masih mengacu pada sejenis kue.

Dari segi bahan dan cara pembuatannya, vla secara tradisional dibuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan susu segar. Saat ini banyak produsen besar yang telah menggunakan bahan baku berupa tepung jagung sebagai pengganti telur.

Saus krim manis ini memiliki banyak rasa, rasa vanilla adalah salah satu rasa yang paling populer dari sobat vla ini. Berbagai rasa dari VLA ini antara lain coklat, karamel, jeruk, pisang, rum, blackcurrant, stroberi, kayu manis, persik, raspberry, apel, dll.

Vla memang pertama kali diperkenalkan di Belanda dan merupakan produk asli dari Belanda. Namun Vla ini juga sudah di terbitkan atau dikenalkan oleh Campina di Wallonia dan Jerman sejak tahun 2010. Nah itu dia kurang lebih sejarah Vla, yuk kita lanjut ke cara bikin nya nih sob.

Cara Membuat Vla

Bahan Utama :

  • 1 buah kentang kecil;
  • Tepung protein sedang dengan takaran 250 gram;
  • 1 sendok teh fermipan atau ragi kue;
  • 1/4 sendok teh garam;
  • 1 sendok makan gula pasir;
  • 1 butir telur saja;
  • 150ml susu kental manis cair;
  • 2 sendok makan margarin leleh.

Bahan topping :

  • 100gram coklat majemuk (coklat yang berasal dari kombinasi bubuk kakao dan lemak nabati);
  • 1 sendok makan margarin.

Cara Membuat Vla :

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengupas kulit kentang lalu mencucinya. Setelah dicuci, kukus kentang di dalam panci. Setelah matang, angkat kentang dan kentang tumbuk.
  2. Untuk proses pembuatan topping, lelehkan coklat compound bersama margarin oleh team atau teman, bisa juga menggunakan teflon. Lelehkan dengan menyalakan api kecil, setelah meleleh, angkat dan biarkan agak dingin.
  3. Kemudian lelehkan 2 sendok makan margarin leleh dan sisihkan.
  4. Tambahkan tepung terigu, garam, gula pasir, dan fermipan (ragi pengembang), aduk hingga tercampur rata. Masukkan kentang tumbuk bersama telur, susu, dan margarin cair, uleni atau aduk hingga adonan kalis.
  5. Setelah itu diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam dan jangan lupa ditutup dengan kain bersih. Jika sudah 1 jam sudah berlalu, bagi adonan secara merata dengan cara mengempiskannya sesuai selera. Bentuk adonan menjadi donat lalu diamkan selama 30 menit lagi.
  6. Kemudian panaskan wajan, masukkan adonan donat untuk digoreng, goreng adonan hingga berwarna kuning kecoklatan dengan api kecil. Setelah matang, keluarkan donatnya dan biarkan agak dingin lalu tambahkan topping sesuai selera.

Bagaimana tertarik untuk mencoba cara membuat vla sendiri di rumah ? Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini cukup mudah untuk anda temui diwarung atau swalayan terdekat rumah anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.