Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

Dalam beberapa hari terakhir, orang-orang disibukkan dengan matinya siaran TV analog, kemudian berburu alat bernama Set Top Box agar tetap bisa menonton siaran TV yang sudah diubah menjadi sinyal digital. Masyarakat yang berada di wilayah terdampak ASO (Analog Switch Off) sejak 2 November lalu tidak bisa lagi menonton siaran TV analog. Alih-alih mematikan siaran TV analog, orang hanya bisa menonton siaran TV digital.

Saat TV analog mulai dimatikan oleh pemerintah, salah satu cara agar bisa tetap menonton siaran TV digital adalah dengan menggunakan perangkat TV digital yang mendukung fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation). Dengan DVB-T2 internal, perangkat TV dapat digunakan secara langsung untuk menerima sinyal siaran TV digital.

Menonton siaran TV digital di perangkat TV digital bisa dikatakan cukup mudah. Meski mudah, bukan berarti tidak ada masalah. Kendala yang biasanya ditemui ada beberapa, salah satunya adalah TV digital yang tidak bisa menangkap sinyal siaran. Jika tidak ada sinyal yang diterima, TV digital tidak akan dapat menyiarkan konten siaran digital dari lembaga penyiaran.

Penyebab TV digital tidak ada sinyal bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya seperti arah atau posisi antena, kondisi peralatan TV yang digunakan, pemasangan kabel, dan jarak tempat tinggal Anda dengan pemancar sinyal siaran digital. Lalu bagaimana cara mengatasi tv digital tidak ada sinyal? nah, simak disini.

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

  1. Periksa Kabel Antena

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kehilangan sinyal TV digital adalah dengan memeriksa kabel antena. Ada kemungkinan kabel antena rusak karena putus yang menyebabkan siaran kehilangan sinyal.

  1. Periksa Jack Penghubung Antena

Cara kedua yang bisa dilakukan agar TV digital mendapat sinyal kembali adalah dengan mengecek jack penghubung antena ke TV tuner. Jack berfungsi vital sebagai penghubung antara TV tuner untuk menghasilkan sinyal TV. Umumnya jack yang ditemui sudah berkarat sehingga menjadi rusak dan TV digital kehilangan sinyal

  1. Ubah Posisi Antena

Cara ketiga yang bisa Anda manfaatkan dalam mengatasi kehilangan sinyal TV digital adalah dengan mengubah posisi antena. Pemasangan yang tidak tepat disinyalir dapat mengganggu sinyal TV yang dapat membuat kualitas gambar di layar kaca jelek dan kesemutan. Umumnya posisi antena sering berubah karena berbagai sebab, seperti angin kencang dan hewan hinggap di antena sehingga menjadi tergeser dan posisi antena berubah.

  1. Gunakan Penguat Antena

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sinyal TV yang hilang adalah dengan menambahkan booster antena. Bila 4 langkah di atas tidak berpengaruh pada kualitas televisi digital yang kehilangan sinyal, maka cara selanjutnya Anda bisa menggunakan penguat antena untuk menangkap siaran sinyal digital dengan kuat.

  1. Cek Sinyal Siaran TV Digital di Area Domisili

Selanjutnya, Anda bisa mengecek jangkauan sinyal siaran televisi digital yang tersedia di tempat tinggal Anda. Untuk memeriksa jangkauan sinyal, Anda dapat menggunakan aplikasi SignalTVDigital.

Sebelum memulai proses pemeriksaan jangkauan sinyal, pastikan Anda telah memberikan izin akses fitur lokasi aplikasi. Kemudian, klik ikon ‘tembak’ untuk mulai memindai sinyal yang tersedia di wilayah domisili Anda. Setelah dipindai, akan muncul notifikasi lembaga penyiaran multiplexing (mux) yang menjangkau wilayah domisili.

Kemudian, klik ‘see mux detail’ untuk melihat informasi rinci tentang sinyal televisi digital yang tersedia. Informasi ini biasanya mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, pembawa mux, frekuensi, dan banyak lagi. Aplikasi juga dapat menampilkan daftar saluran yang dapat diakses di wilayah domisili dengan mengetuk ikon ‘galeri’.