Cara Meracik Kopi Robusta

Bagaimana sih Cara Meracik Kopi Robusta yang nikmat nan lezat? Memang Caranya beda ya dari Cara Meracik Kopi Robusta yang lainnya?

Halo teman-teman, kali ini aku bakal kasih tahu bagaimana Cara Membuat Kopi Robusta yang tentunya nikmat nan lezat,

Siapa sih di antara kita yang enggak tahu sama yang namanya Kopi Robusta? Wah wah wah, harus di kasih paham ya.

Tentunya 89% dari penduduk warga negara Indonesia ini tahu dengan yang namanya Kopi Robusta, apalagi ketika kita nongkrong dan beli minuman Kopi di cafe.

Dan tentu kita perlu mengetahui apa itu Kopi Robusta bukan? Supaya kita tidak kebingungan pada saat membedakannya atau

bahkan ditanya oleh pelayan cafenya, jika kita ditanya “mau pakai Kopi jenis apa mas/mbak?” bingung dong bagi yang belum mengetahui berbagai macam jenis Kopi terutama Kopi Robusta yang amat unggul di antara jenis Kopi yang lainnya.

Oke, langsung saja aku bakalan kasih tahu bagaimana cara membuat Kopi Robusta yang nikmat nan lezat ala rumahan.

Namun, sebelum kita berlanjut ke cara membuat Kopi Robusta yang nikmat nan lezat ini, sudahkah kalian tahu apa itu Kopi Robusta? Jika kamu belum tahu simak dulu penjelasan yang telah saya paparkan di bawah ini ya.

 

Apa Itu Kopi Robusta

kopi robusta

Robusta merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki nama lain/nama latin Coffea canephora. Asal nama Robusta ini diambil dari kata ‘Robust’ yang dalam bahasa inggris artinya adalah kuat.

Sesuai dengan namanya minuman yang diekstrak dari biji Kopi Robusta memiliki cita rasa yang kuat, serta rasa yang cenderung lebih pahit jika dibandingkan dengan Kopi Arabika.

Kopi Robusta juga sering digunakan sebagai bahan baku kopi siap saji (instant) sebagai pencampur kopi racikan (blend). kamu juga bisa membaca artikel tentang cara membuat kopi robusta

 

Sejarah Kopi Robusta

Tahukah kamu, kopi robusta juga memiliki sejarah loh men-temen. Kopi Robusta pertama kali ditemukan di Kongo tepatnya pada tahun 1898 oleh seorang ahli Botani dari Belgia.

Pengembangan Kopi Robusta berawal dari wabah penyakit karat daun atau Hemileia Vastratix yang menyerang tanaman Kopi. Pada awalnya Kopi Arabika yang berkembang lebih dulu sebelum kedatangan jenis Kopi Robusta.

Pada tahun 1878 sebagian besar perkebunan Kopi di Indonesia telah rusak akibat penyakit tersebut, pada saat yang bersamaan, Belanda pun mengganti Kopi Arabika dengan Kopi Liberika.

Namun kejadian yang sama terjadi juga pada Kopi Liberika tepatnya pada tahun 1890, kemudian pada tahun 1902 mereka kedatangan jenis Kopi Robusta yang pada akhirnya Kopi Liberika tergantikan oleh Kopi Robusta pada tahun 1907.

Hingga sampai saat ini perkebunan Kopi di Indonesia pun di dominasi oleh Kopi Robusta. Bahkan dalam perdagangan Kopi komoditas global, Indonesia merupakan negara penghasil Robusta terbesar ke-2 setelah Vietnam dan Brazil.

kamu juga bisa meracik kopi Gayo

 

Cara Meracik Kopi Robusta

cara meracik kopi robusta

  1. Rebus air dalam dallah/panci hingga mendidih, lalu diamkan selama beberapa menit sampai suhu air sedikit menurun.
  2. Sementara menunggu suhu air sedikit menurun, siapkan gelas dan tuangkan kopi robusta yang telah dihaluskan.
  3. Setelah suhu air menurun sekitar 80-90°C.
  4. Selanjutnya tuangkan air yang ada dalam dallah/panci ke dalam gelas yang berisi kopi robusta
  5. Kemudian aduk kopi robusta dan air yang telah di campur hingga merata dengan kecepatan mengaduk sedang (supaya menghasilkan rasa kopi yang nikmat dengan kekentalan yang pas)
  6. Ketika sudah selesai, kamu dapat mencampuri kopi dengan bahan-bahan tambahan seperti susu kental manis, gula, dan karamel cair
  7. Jika kamu ingin mencampuri semuanya, maka dalam gelas kosong lainnya, tuangkanlah susu kental manis terlebih dahulu, lalu karamel cair, kemudian tuangkan juga kopi robusta dan diikuti dengan susu cair juga gula di atasnya.
  8. Terakhir kamu tinggal menikmati sajian segelas Kopi Robusta Panas.

Baca juga: cara menggunakan mesin kopi dan spesifikasinya