Faktor yang Mempengaruhi Page Rank Google

Faktor yang mempengaruhi page rank Google. Apakah Anda mengetahui bahwa banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi peringkat suatu website. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi persaingan antar situs untuk berada di halaman pertama google.

Banyaknya unsur penilaian yang dilakukan oleh Google bertujuan untuk mencegah manipulasi yang bisa saja terjadi. Akan tetapi, tidka semua faktor perlu dipenuhi agar website Anda bisa berada di page rank teratas.

Hal ini karena masing-masing faktor memiliki bobot penilaian yang berbeda. Dengan kata lain, Anda hanya perlu memenuhi faktor utama dan terpenting saja. Lantas apa saja faktor yang bisa mempengaruhi page rank Google?

 

Faktor yang Mempengaruhi Page Rank Google

faktor yang mempengaruhi page rank google

1. Kualitas Konten

Apabila konten situs Anda berkualitas tinggi, maka kemungkinan mendapatkan peringkat tinggi pun lebih terbuka lebar. Konten berkualitas tinggi bisa dengan riset keyword yang benar dan penggunaan long tail keyword.

Oleh sebab itu, saat akan membuat konten, pastikan konten tersebut lengkap bahasannya dan sesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kemudian, selalu lakukan pembaharuan konten sesuai dengan perkembangan terkini.

Tak hanya itu, akurasi konten pun harus bisa dipertanggungjawabkan, serta penerapan struktur konten dibuat sebaik mungkin.  Gunakan heading, subheading, atau H2, H3, dan H4. Dengan catatan apabila dalam artikel tersebut pembahasannya masih sama dan dijabarkan secara detail.

2. Backlink

Selain konten berkualitas, backlink juga penting untuk situs Anda. Ada banyak manfaat backlink yang bisa Anda dapatkan jika penerapannya benar di dalam website.

Backlink merupakan suatu link yang menuju ke situs atau websites bisnis yang menjadi target. Tautan tersebut diberikan oleh website lain. Semakin banyak tautan link yang didapatkan, maka semakin menunjukkan bahwa situs Anda kredibel dan juga terpercaya.

Alasannya, tentu saja karena ada banyak website yang tidak merasa ragu untuk menjadikan situs Anda sebagai sumber referensi terpercaya. Bahkan jika Anda merupakan saingan dari website mereka.

Baca juga: Jasa SEO Website

3. Search Intent yang Sesuai dengan konten

Search intent adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan apa yang sedang dicari oleh pengguna. Ketika user mengetikkan tips ternak ayam, maka ia sedang mencari berbagai saran atau cara untuk beternak ayam.

Tentunya dalam hal ini, ia tidak hendak mencari sejarah adanya ayam di Indonesia. Sehingga pastikan bahwa konten yang Anda tampilkan mengandung informasi yang terpercaya.

Karena crawler Google akan enggan untuk memberi perhatian pada konten yang tak relevan dan tidak memenuhi kebutuhan dari pengguna. Jadi, ketika membuat artikel, pastikan isinya sesuai dengan search intent pengguna internet.

4. Website yang Cepat

Mesin pencari Google memahami jika para pengguna internet menginginkan website dengan loading yang cepat, sehingga mereka akan menyarankan situs-situs yang cepat.

Pengguna internet pun bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan di tingkat paling atas atau page one, yang mana tentunya lebih hemat waktu dan tidak perlu menunggu lama.

5. Mobile Friendly

Seiring dengan mobilitas yang tinggi, saat ini pengguna smartphone atau mobile phone semakin meningkat. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, di mana banyak pengguna melakukan hampir semua aktivitas digital dengan memanfaatkan smartphone.

Oleh sebab itu, Google juga menjadikan unsur mobile friendly sebagai salah satu faktor untuk menentukan page rank dari sebuah situs.

6. Memiliki Domain Authority yang Tinggi

Domain authority memiliki range nilai dari 0-100. Semakin tinggi angkanya, maka semakin tinggi pula kepercayaan Google pada situs Anda.

Karena DA berperan dalam penilaian bahwa website Anda expert dan paham pada bidang atau topik yang ditulis. Ini adalah salah satu cara Google untuk menilai reputasi serta keahlian suatu situs dalam salah satu topik yang sedang dibahas.