Manfaat Singkong Untuk Bumil

Manfaat singkong untuk bumil. Singkong memiliki manfaat yang tinggi dan mengandung banyak asupan nutrisi. Telah banyak industri makanan yang mengolah singkong dengan teknologi-teknologi modern yang menghasilkan berbagai macam olahan makanan, mulai dari keripik singkong, singkong keju, getuk singkong frozen, dan masih banyak olahan lainnya.

Tubuh Ibu hamil membutuhkan karbohidrat seperti yang terdapat di dalam singkong yang berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Sebelum diserap tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa (zat gula). Di samping itu, hormon insulin selanjutnya akan membantu glukosa terserap oleh sel-sel tubuh. Glukosa inilah yang nantinya berguna sebagai bahan bakar tubuh Ibu hamil untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Lalu, apa saja manfaat singkong untuk bumil?

Beberapa Kandungan Manfaat Singkong Untuk Bumil

manfaat singkong untuk kesehatan

1. Sumber Karbohidrat

Pada dasarnya, Ibu hamil pasti membutuhkan energi yang besar agar proses kehamilan dan aktivitas berjalan lancar. Beberapa wanita memang mengalami kesulitan mengonsumsi nasi saat hamil, sehingga singkong dapat dijadikan sebagai pilihan untuk dikonsumsi agar karbohidrat yang diperlukan janin dapat terpenuhi.

2. Kaya Akan Asam Folat

Wanita yang sedang merencanakan kehamilan ataupun ibu hamil, tentu saja membutuhkan asam folat agar proses kehamilan menjadi lancar. Singkong mengandung asam folat (vitamin B9) yang menjadi asupan tambahan untuk ibu hamil. Adapun fungsi asam folat adalah membentuk syaraf janin.

3. Membantu Pertumbuhan Janin

Kandungan fosfor yang terkandung dalam singkong mampu mendorong pertumbuhan yang terjadi pada janin, yakni membantu pembentukan DNA, memperkuat fungsi otot dan syaraf, serta dapat memperkuat metabolisme juga pembentukan sel.

4. Kaya akan Asam Folat

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dapat berpengaruh baik pada pertumbuhan janin. Senyawa yang ada dalam asam folat akan membantu janin dalam pembentukan saraf pusat sehingga mencegah terjadinya kecacatan pada saraf dan otak. Tidak hanya itu, kebaikan asam folat juga memacu proses pembentukan sel – sel. Jadi, asam folat ini merupakan nutrisi yang wajib dikonsumsi bagi sang ibu selama masa kehamilan sedang berlangsung.

5. Sumber Antioksidan yang Baik

Antioksidan merupakan senyawa yang memiliki peran dalam memperbaiki sel – sel yang rusak, melindungi tubuh dari efek radikal bebas, serta dapat mencegah penyakit jantung, serta mengurangi resiko kanker. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam singkong ini diperoleh dari vitamin A, C, dan beta karoten yang ada di dalamnya.

6. Menjaga Kesehetan Mata

Selain buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, ternyata singkong sangat baik untuk menjaga kesehatan mata/ Pasalnya, singkong juga mengandung vitamin A. Kandungan vitamin A dalam singkong dapat terlihat ketika singkong dimasak hingga berwarna kuning dan lembut. Berdasarkan pada tabel nutrisi, singkong mengandung 100 gram vitamin A dan 8 miligram betakaroten, sehingga singkong sangat cocok untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil, terutama jika Ibu hobi membaca dan menonton tv.

7. Sumber Energi

Energi yang optimal pastinya dibutuhkan oleh setiap orang, begitu juga Ibu hamil. Energi tersebut digunakan oleh tubuh untuk dapat menggerakkan otot yang ada didalam tubuh, sehingga manusia bisa bergerak dan bisa melakukan aktivitasnya. Selain itu, ternyata singkong juga berfungsi untuk memberikan sumber energi saat hamil. Singkong menjadi ubi yang kaya akan karbohidrat, gula, protein, vitamin dan serat yang nantinya akan diolah tubuh menjadi energi.

8. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Selanjutnya, singkong berfungsi untuk mencegah anemia pada Ibu hamil. Apabila tubuh Ibu hamil kekurangan zat besi, maka beberapa fungsi organ akan terganggu, seperti terganggunya proses pembentukan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah dapat mengakibatkan anemia pada ibu hamil, sehingga membuat tubuh menjadi lemas. Dengan mengonsumsi singkong saat hamil, zat besi akan terpenuhi dengan baik.

Selain beberapa kandungan singkong yang bermanfaat bagi Ibu hamil di atas, Ibu juga bisa memasukan menu serta porsi makan yang tepat selama masa kehamilan. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisi kehamilan Ibu secara rutin ke dokter.

selain buahnya ternyata daun singkong juga memiliki banyak manfaat yang tidak kita sadari. Daun singkong yang berasal dari tumbuhan singkong merupakan sayuran akar. Sejak zaman dahulu, sayuran yang berasal dari akar memang sering dimanfaatkan sebagai makanan dan obat-obatan. Tidak terkecuali daun singkong.

Selama ini, daun singkong memang melimpah di Indonesia. Bahkan, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil daun singkong terbanyak di dunia. Maka tidak heran, daun singkong memiliki banyak olahan di Indonesia. Daun singkong yang berasal dari tumbuhan singkong merupakan sayuran akar. Sejak zaman dahulu, sayuran yang berasal dari akar memang sering dimanfaatkan sebagai makanan dan obat-obatan. Tidak terkecuali daun singkong.

Selama ini, daun singkong memang melimpah di Indonesia. Bahkan, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil daun singkong terbanyak di dunia. Maka tidak heran, daun singkong memiliki banyak olahan di Indonesia.

Kandungan daun singkong

Bukan tanpa alasan jika daun singkong untuk ibu hamil dianjurkan. Daun singkong kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janinnya.

Dalam 1 porsi (100 gram) daun singkong, terdapat kurang lebih kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Lemak 1,8 g
  • Total Lemak 0,2g
  • Natrium 11 mg
  • Total karbohidrat 7,30 g
  • Serat makanan 0,6 g
  • Protein 3,70 g
  • Vitamin C
  • Vitamin B1 (thiamin)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Vitamin B5 (asam pantotenat)
  • Vitamin B6.

Daun singkong juga kaya akan kandungan mineral yang dibutuhkan ibu hamil, seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, tembaga, dan mangan.

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil terbilang banyak karena di dalamnya mengandung berbagai zat dan nutrisi penting bagi kehamilan, seperti zat besi, asam folat, dan vitamin C.

1. Mencegah anemia

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil adalah sebagai sumber zat besi. Zat besi berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan mencegah anemia.

Pada masa kehamilan, pasokan darah dan oksigen harus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi bagi janin dalam kandungan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang merupakan masalah kesehatan umum pada ibu hamil.

2. Mencegah gangguan perkembangan janin

Daun singkong merupakan sayuran hijau yang kaya akan asam folat. Zat yang satu ini sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan perkembangan janin.

Konsumsi daun singkong untuk ibu hamil disarankan untuk dilakukan sejak masa-masa awal kehamilan, tepatnya 12 minggu pertama usia kehamilan. Di fase ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mg per hari.

3. Menjaga kesehatan janin

Vitamin C pada daun singkong berperan dalam menjaga kesehatan sel dan mencegah terjadinya infeksi yang rentan dialami oleh ibu hamil. Vitamin ini juga dapat mendukung perkembangan janin yang sehat.

4. Menyehatkan mata

Daun singkong memiliki kandungan beta karoten yang bermanfaat untuk mengatasi mata buram. Jadi saat mata ibu hamil sering kabur atau buram, konsumsi daun singkong bisa menjadi solusinya.

Anda bisa merebus daun singkong dan tambahkan garama serta bawang putih. Angkat dan tiriskan daun singkong kemudian Anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan.

5. Memperbaiki jaringan tubuh

Daun singkong juga kaya akan asam amino yang baik untuk tubuh dan janin. Asam amino yang dikandung daun singkong bermanfaat untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka terbuka pada ibu hamil.

Asam amino juga bermanfaat untuk menjaga ingatan supaya tetap prima sekaligus menyehatkan tulang dan menjaga fungsi metabolisme.

Selain itu, asam amino juga dapat membantu melancarkan proses pertumbuhan janin dalam kandungan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dikutip dari NHS UK, vitamin C adalah salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil, dan vitamin ini terkandung dalam daun singkong. Selain vitamin C, daun singkong juga mengandung antioksidan dalam bentuk klorofil.

Antioksidan pada daun singkong bermanfaat menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko kanker. Ibu hamil makan daun singkong juga dapat membantu melindungi jaringan dari kerusakan, membantu menyerap zat besi dan membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat saat hamil.

7. Melancarkan pencernaan

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil lainnya adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sayuran yang kaya nutrisi ini juga bisa menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil. Bukan hanya itu, olahan daun singkong juga dikenal mampu meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

Sekian artikel dari saya tentang manfaat singkong untuk bumil, Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang beberapa manfaat singkong untuk bumil. Singkong dapat dibuat menjadi berbagai olahan, untuk membuat keripik anda dapat menggunakan mesin keripik singkong agar membuat irisan atu pengolahanya agar lebih mudah.