Mendaur Ulang Limbah Plastik yang Simple

Cara mendaur ulang limbah plastik adalah membuat sampah memiliki nilai ekonomi atau merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Untuk itu, budaya daur ulang sampah plastik sangat perlu dikenalkan oleh berbagai pihak, dimulai dari kita, yuk

 

Cara Daur Ulang Sampah Semakin Mudah

Berikut ini adalah beberapa cara mendaur ulang limbah plastik :

1. Pisahkan Sampah Sesuai Dengan Jenisnya

Langkah pertama sistem pengelolaan sampah di rumah adalah dengan memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Selain memudahkan pembuangan dan pengolahan kembali, memisahkan pembuangan sampah dapat menghindari terjadinya penumpukan sampah.

Secara garis besar kamu dapat memisahkan sampah menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari alam. Seperti sisa makanan atau dedaun. Dengan kata lain semua sampah yang dapat terurai dengan mudah adalah sampah organik. Sementara sampah plastik, karet, kaca dan kaleng masuk ke dalam kategori sampah anorganik. Siapkanlah dua tempat sampah yang berbeda di rumah yang dikhususkan untuk setiap jenis-jenis sampah.

2. Pengelolaan Sampah Organik

Cara pengelolaan sampah organik yang paling mudah adalah dengan membuatnya menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk berkebun. Kamu bisa menggunakan paket ember komposter rekosistem untuk memulai kompos.

Namun jika kamu tidak suka berkebun atau tidak suka dengan aroma yang ditimbulkan selama pembuatan pupuk kompos, kamu dapat mendonasikan sampah organik ke sahabat yang memiliki hobi berkebun atau penjual tanaman.

3. Pengelolaan Sampah Anorganik

Sebagian sampah anorganik dapat didaur ulang. Contohnya, kertas, kardus, botol kaca, botol plastik, kaleng dan lainnya. Jika kamu tidak yakin apakah sebuah kemasan makanan dapat didaur ulang atau tidak, kamu dapat memeriksa logo daur ulang pada kemasan makanan tersebut.

Jika terdapat logo daur ulang, maka kemasan makanan tersebut dapat didaur ulang. Bawa sampah-sampah anorganik tersebut ke pusat daur ulang sampah terdekat atau kamu juga bisa memberikannya kepada pemulung, hal tersebut sangat bermanfaat lho!

4. Pengelolaan Sampah Berbahaya

Untuk barang-barang elektronik yang sudah rusak alias menjadi sampah, kamu dapat mengembalikannya ke perusahaan yang memproduksinya. Beberapa perusahaan elektronik menerima barang elektronik bekas untuk mereka daur ulang kembali menjadi produk elektronik baru.

Pisahkan sampah-sampah berbahaya untuk dibawa ke pusat daur ulang. Petugas pusat daur ulang pasti tau cara untuk mendaur ulang sampah berbahaya agar tidak merusak lingkungan.

5. Reduce, Reuse and Recycle

Budayakan gaya hidup Reduce, Reuse and Recycle atau biasa dikenal dengan 3R, dari diri kamu. Biasakan untuk mengurangi pemakaian plastik atau bahan-bahan lain yang sulit terurai. Untuk menghemat penggunaan plastik, kamu bisa baca lebih lengkap di artikel lainnya yang membahas diet sampah plastik.

Kemudian jangan lupa memanfaatkan barang bekas agar bisa digunakan kembali. Seperti memanfaatkan botol plastik bekas untuk dijadikan pot tanaman ataupun hal lainnya.

6. Gunakan Kembali Plastik untuk Sekali Pakai

Beberapa jenis wadah plastik memang memiliki keterangan untuk dipakai sekali saja. Namun, mengapa harus dipakai sekali saja jika kita memang bisa menggunakannya berkali-kali?

Manfaatkan plastik yang ada tulisan sekali pakai ini untuk benda-benda lain, seperti untuk hiasan, ataupun menanam bunga dan diisi dengan tanah. Dengan cara sederhana ini, dijamin jumlah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir jadi berkurang.

7. Kurangi Sampah Sesuai Kemampuan

Cara terakhir adalah dengan mengurangi sampah sesuai kemampuan. Jika ingin mengurangi sampah atau membantu jalannya proses pengolahan sampah mandiri, mulailah dari sendiri untuk mengurangi sampah sesuai kemampuan.

Hal utama yang bisa dilakukan dimulai dengan mengurangi sampah makanan dengan menghabiskan seluruh makanan yang sudah dibeli. Di samping itu, kurangi juga konsumsi air mineral dalam kemasan botol dan menggantinya dengan tumbler atau botol minum sendiri.