Peluang Usaha Kekinian di Desa dan Keuntungan Peluang Usaha di Desa

Peluang usaha kekinian di desa punya potensi yang cukup besar untuk bisa berkembang karena umumnya orang-orang di desa punya relasi yang kuat satu sama lain sehingga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi kumpulan pelanggan setia dari suatu toko/warung yang dimiliki oleh masyarakat dalam suatu daerah di desa.

Di desa, persaingan sebuah bisnis relatif lebih rendah dibandingkan di kota maupun pinggiran kota. Sebab, pelaku usaha sampingan di desa masih sangat minim. Modal yang terbatas juga menjadi hambatan tersendiri kenapa masyarakat perdesaan sulit untuk mengembangkan bisnisnya.

Meski begitu, jangan lupa pentingnya untuk senantiasa melindungi keuangan dengan asuransi kesehatan Manfaatnya, Anda tidak perlu cemas dengan biaya ke rumah sakit lagi karena asuransi yang akan menanggungnya.

Berikut Contoh Peluang Usaha Kekinian di Desa

1. Peluang Usaha Kekinian di Desa : Kios bensin

peluang usaha kekinian di desa

Mencari pom bensin di daerah pedesaan tidak semudah di daerah perkotaan. Padahal kehabisan bensin bisa terjadi kapan pun dan di mana pun, termasuk saat melintasi desa. Dari pengalaman tersebut, usaha kios bensin terdengar jadi rekomendasi usaha yang menguntungkan, kan?

2. Warung Sembako dan Kelontong

peluang usaha kekinian di desa

Barang sembako merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan setiap masyarakat di mana pun. Di Warung sembako biasanya tersedia beras, jagung, gula, minyak goreng, telur ayam, daging ayam dan sapi, bawang, dan lain sebagainya. Salah satu keuntungan membuka warung sembako di desa adalah karena letaknya yang dekat dengan produsen sehingga untuk beberapa barang Anda tidak perlu membeli di tengkulak. Misalnya, telur ayam dan daging ayam, Anda bisa langsung membelinya dari peternak yang ada di desa sehingga harganya akan lebih murah daripada melalui tengkulak.

 

3. Jual Aqua Galon dan Gas

peluang usaha kekinian di desa

Aqua galon dan gas merupakan barang kebutuhan pokok masyarakat sehingga akan selalu dicari, termasuk di desa. Usaha ini juga tergolong praktis karena tidak membutuhkan proses produksi. Anda cukup membutuhkan galon dan tabung gas untuk diisi ulang sebelum dipasarkan ke masyarakat.

Untuk harga tabung gas LPG 3 kg baru berada di kisaran Rp 189.000 – Rp228.000. Sementara harga tabung gas LPG 12 kg baru sekitar Rp 608.000 – Rp 879.000. Untuk satu galon kosong, Anda dapat membelinya di harga Rp 35.000. Jika Anda memulai dengan 5 gas 3 kg dan 2 gas 12 kg serta 5 galon, maka berikut hitungan modal dan estimasi keuntungannya.

 

4. Peluang Usaha Kekinian di Desa : Warung makan

Peluang usaha kekinian di desa selanjutnya adalah, kamu bisa membuka warung makanan atau warteg kalau di kota besar. Bisnis satu ini cocok banget dijalankan orang yang jago memasak dan memiliki ketertarikan di bidang kuliner. Bisa dengan menjual makanan khas daerah setempat, atau memperkenalkan makanan khas daerah lain yang bikin para konsumen penasaran untuk datang ke warung makan milik kamu.

5. Peluang Usaha Kekinian di Desa : Jualan sayur

Tidak cuma di perumahan atau kompleks saja, jualan sayur juga bisa dilakukan di desa lho! Jarak desa dengan pasar di kota yang lumayan jauh kadang membuat masyarakat setempat malas berbelanja kebutuhan memasak harian. Karena itu, dagang sayur dapat laris manis dan menjadi pilihan peluang usaha sampingan di desa buat kamu.

6. Warung internet

Menempati peringkat sembilan adalah warung internet atau biasa disebut dengan warnet. Keterbatasan teknologi di pedesaan menjadi peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dengan membuka warnet. Selain untuk bisnis, membuka warnet juga berkontribusi untuk meningkatkan literasi komputer masyarakat desa, terutama anak-anak yang suka dengan perkembangan teknologi. Modal yang kamu butuh kan hanya komputer atau laptop serta sambungan internet yang bagus.

7. Jasa rias pengantin

Mencari rias pengantin adalah salah satu tugas calon mempelai yang cukup melelahkan. Pasalnya, banyak orang yang menyelenggarakan pernikahan di akhir pekan sehingga calon mempelai susah mendapatkan rias pengantin yang cocok. Selain itu akan lebih repot jika mereka harus mencarinya hingga ke pusat kota. Jadi, rasanya sayang sekali jika Sobat Pintar melewatkan kesempatan untuk membuka usaha jasa rias pengantin di desa.

8. Jual pakaian

Pakaian adalah salah satu kebutuhan manusia maka jual pakaian bisa jadi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Usaha jual pakaian bisa dimulai dengan menyediakan berbagai pilihan daster yang nyaman dikenakan. Jika barang ini terbukti punya banyak peminat, tidak ada salahnya untuk menambah lebih banyak pilihan pakaian.

9. Jasa Pangkas Rambut

Jenis usaha ini merupakan peluang bisnis di desa yang cukup potensial ke depannya. Sehingga, warga desa tidak perlu repot-repot lagi ke kota kecamatan atau kota kabupaten untuk mendapatkan jasa barber .

Ini juga merupakan peluang bagi para sarjana muda sebelum pulang ke desanya untuk mempelajari skill ini sebagai persiapan untuk membuka usaha di desa. Apalagi saat ini sudah banyak pelatihan-pelatihan dengan harga terjangkau untuk mempersiapkan seseorang menjadi barber handal.

Untuk dijalankan sebagai bisnis di desa, usaha pangkas rambut dapat dijalankan secara fleksibel, baik itu dengan cara onsite atau warga yang datang ke tempat kita ataupun dengan cara mobil di mana jika ada permintaan, kita yang akan mendatangi konsumen.

10. Usaha Penjualan Tanaman Hias

Permintaan tanaman hias mengalami kelonjakan yang cukup signifikan saat ini. Dapat dilihat ketika akhir pekan dengan banyaknya warga kota mengunjungi desa-desa yang memiliki potensi tanaman hias. Oleh karena itu, budidaya tanaman hias adalah usaha di desa yang menjanjikan saat ini.

Usaha ini juga merupakan usaha produktif di desa karena dapat dibudidayakan dengan mudah karena kondisi lingkungan desa yang mendukung. Kehadiran marketplace membantu bisnis desa ini untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, bahkan sampai lintas provinsi. Hal tersebut juga didukung dengan semakin berkembangnya berbagai layanan pengiriman barang yang telah men-cover pengiriman tanaman.

11. Pembuatan Pot Tanaman

Meningkatnya permintaan akan tanaman hias diikuti dengan permintaan akan pot tanaman. Oleh karena itu, pembuatan pot tanaman merupakan usaha di desa yang menguntungkan saat ini, apalagi ketika kita dapat memenuhi tuntutan aspek estetis dari konsumen. Karena tidak bisa dipungkiri, aspek kegunaan saja belum cukup, diperlukan aspek estetis yang baik seperti warna dan motif agar laku di pasaran.

Sebagai bisnis yang cocok di desa, usaha ini memiliki banyak pilihan bahan baku, mulai dari semen, tanah liat, plastik, kayu, sampai dengan porselen. Sehingga kita tinggal menyesuaikan dengan alat dan bahan baku yang tersedia di desa.

 

Peluang usaha rumahan di desa punya potensi besar untuk berkembang karena umumnya orang-orang di desa punya relasi yang kuat satu sama lain sehingga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi kumpulan pelanggan setia dari suatu toko/warung yang dimiliki oleh masyarakat dalam suatu daerah di desa.

Terdengar menarik, ya? Temukan berbagai keuntungan dan rekomendasi memulai usaha sampingan di desa. Selengkapnya, dalam artikel ini.

Keuntungan Peluang Usaha di Desa

Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan memulai usaha di kampung.

1. Masyarakat pedesaan cenderung berlangganan di toko milik tetangga

Dengan keakraban yang dimiliki masyarakat di desa, penduduk desa cenderung punya kepercayaan tinggi pada masyarakat yang masih tinggal di kampung yang sama. Sehingga, bukan tidak mungkin jasa/produk yang dijual oleh Sobat Pintar di desa bisa mendapatkan pelanggan tetap dari warga sekitar.

2. Dibandingkan perkotaan, variasi usaha di kampung dinilai kurang beragam

Sering kali, penduduk desa harus pergi ke pusat kota untuk memenuhi kebutuhan barang maupun jasa yang tidak bisa didapatkan di desa. Nah, tidak ada salahnya jika Sobat Pintar mulai memperhatikan macam-macam kebutuhan barang/jasa yang sulit didapatkan di desa untuk dijadikan sebagai peluang usaha rumahan di desa.

3. Masyarakat desa tidak mau repot-repot mencari barang/jasa hingga ke perkotaan

Bagi beberapa masyarakat pedesaan, pergi ke kota untuk sekedar mencari barang/jasa terasa melelahkan karena jarak dan waktu tempuh yang lama. Jangan lewatkan kesempatan dan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan di desa.