Resep Cara Membuat Keripik Singkong Enak, Renyah dan Mudah Di rumah

Cara membuat keripik singkong renyah, enak dan gurih yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Keripik singkong tentu saja sudah menjadi makanan yang sudah tidak asing lagi bukan bagi anda. Makanan ringan yang sangat cocok disajikan saat berkumpul bersama dengan keluarga maupun teman ini juga memiliki berbagai varian rasa yang berbeda-beda dari balado dan juga original. Yuk langsung simak cara membuat keripik singkong berikut ini.

Apa Itu Singkong ?

Singkong atau singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat lokal Indonesia, menempati urutan ketiga setelah beras dan jagung. Tanaman ini merupakan bahan baku yang ideal untuk diolah menjadi tepung. Selain itu, karena kandungan patinya yang tinggi, singkong merupakan bahan baku yang sangat baik untuk produk fermentasi. Beberapa produk tersebut adalah lakban, maltodekstrin, glukosa, sorbitol, bioetanol, dan berbagai asam organik.

Cara Membuat Keirpik Singkong

1. Keripik Singkong Original

Bahan-Bahan :

  • 2 kg singkong, kupas dan iris tipis dengan alat atau dengan tangan.
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :

  • 1 sendok teh baking powder.
  • 1 liter air panas.
  • 2 sendok teh garam.

Cara Membuat Keripik Singkong Original :

  1. Cuci terlebih dahulu singkong yang sudah diiris tipis. Kemudian siapkan air untuk merendam singkong.
  2. Tambahkan garam dan baking powder ke dalam air rendaman singkong, aduk rata. Masukkan singkong ke dalam air rendaman, diamkan selama 45 menit hingga 1 jam.
  3. Kemudian tiriskan singkong dan bilas dengan air bersih dan tiriskan kembali.
  4. Kemudian panaskan minyak secukupnya, lalu goreng singkong sampai berubah warna sambil sesekali diaduk agar matang merata.
  5. Angkat dan tiriskan, sajikan singkong dengan bumbu sesuai selera.

2. Keripik Singkong Balado

Bahan-Bahan :

  • 1 kg singkong.
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Balado :

  • 20 buah cabai merah keriting.
  • 2 buah cabai rawit.
  • 3 mata asam.
  • 50 gram gula pasir.
  • 200 gram gula merah.
  • 3 sdm minyak goreng.

Cara Membuat Keripik Singkong Balado :

  1. Pertama cuci singkong dan potong tipis-tipis. Kemudian cuci kembali dengan 4 kali bilasan sampai air bilasan singkong jernih.
  2. Kemudian siapkan air panas dan tuangkan singkong dengan air, campur garam dan rendam sebentar. Tiriskan, lalu goreng dengan api besar di awal dan kecilkan api saat singkong sudah kecoklatan. Angkat dan kosongkan.
  3. Selanjutnya siapkan bumbu balado dengan cara merebus cabai merah lalu haluskan.
  4. Sisir gula merah halus. Menyisihkan.
  5. Larutkan asam jawa dalam air lalu saring.
  6. Tumis daun jeruk beberapa saat hingga garing dan peras halus daunnya.
  7. Selanjutnya, haluskan bawang putih dan goreng dalam minyak sampai harum.
  8. Masukkan cabai merah, gula merah, gula pasir, air asam jawa, aduk rata dan masak hingga matang dan mengental.
  9. Tambahkan daun jeruk kering yang telah diperas, lalu tambahkan keripik singkong, aduk hingga bumbu benar-benar meresap.
  10. Angkat dan kosongkan. Keripik singkong siap disajikan.

Baca juga : Spesifikasi beserta cara penggunaan mesin keripik singkong yang praktis

Selain bisa dijadikan makanan yang sangat enak dan juga mudah untuk dibuat. Ternyata singkong juga memiliki beberapa kandungan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Berikut beberapa manfaat yang ada dalam singkong.

Manfaat Singkong

1. Kaya akan asam folat

Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat dapat memberikan efek positif bagi pertumbuhan janin. Senyawa dalam asam folat membantu janin membangun sistem saraf pusat, mencegah cacat pada saraf dan otak. Selain itu, kebaikan asam folat juga merangsang proses pembentukan sel. Jadi asam folat adalah nutrisi yang harus ibu konsumsi selama kehamilan.

2. Sumber antioksidan yang baik

Antioksidan merupakan senyawa yang berperan dalam memperbaiki sel-sel yang rusak, melindungi tubuh dari efek radikal bebas, serta mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker. Kandungan antioksidan pada singkong didapat dari vitamin A, C dan betakaroten.

3.  Menjaga kesehatan mata ibu hamil

Kesehatan mata dipengaruhi oleh nutrisi yang Anda konsumsi dan gaya hidup Anda. Mengkonsumsi umbi singkong membantu menjaga kesehatan mata karena singkong kaya akan vitamin A.

Nah itulah beberapa manfaat dari singkong yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Bagaimana tertarik untuk mencoba resep cara membuat keripik singkong yang mudah dan enak sendiri di  rumah ? Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa untuk menyajikan makanan ini untuk keluarga jika anda membuatnya sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.