Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat singkong untuk kesehatan. Singkong (manihot utilissima) telah akrab dikenal masyarakat Indonesia sebagai cemilan ataupun pangan pengganti nasi. Tidak hanya umbinya, daunnya juga kerap dijadikan menu makanan. Bahkan tak jarang orang-orang mengolahnya sebagai singkong rebus yang cocok disantap sebagai camilan.

Manfaat singkong rebus untuk kesehatan cukup banyak. Singkong merupakan salah satu bahan makanan pokok yang memiliki banyak nutrisi. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam singkong di antaranya, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, serta air.

Selain itu, singkong rebus juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti sumber serat sehat, baik untuk pencernaan, membentuk tubuh langsing dan sehat, menguatkan otot, menyehatkan jaringan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan energi, hingga mencegah diabetes.

Kandungan Gizi Singkong

  • 154 kkal energi
  • 1 gram protein
  • 36,8 gram karbohidrat
  • 31 mg vitamin C
  • 1,1 mg zat besi
  • 77 mgkalsium
  • 0,9 gram serat

Singkong rebus juga cocok dimasukkan ke dalam menu diet rendah lemak dengan kandungan hanya 0,3 gram saja.

Dengan nutrisi-nutrisi ini, manfaat umbi ini dapat memenuhi kebutuhan gizi Moms dan keluarga sekaligus menjadi sumber energi. Selain itu singkong juga mengandung beberapa vitamin dan mineral lain seperti folat, niacin, thiamin, riboflavin, pyridoxine, vitamin A, E, K, dan mangan.

Publikasi Kementerian Pertanian tahun 2016 menunjukkan Indonesia adalah negara produsen singkong terbesar di dunia urutan ketiga. Di Indonesia manfaat umbi ini juga menjadi salah satu makanan pengganti beras dan jagung dengan kualitas sumber energi dan nutrisi yang lebih baik secara keseluruhan.

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

manfaat singkong untuk kesehatan

1. Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah kombinasi beberapa gangguan kesehatan yang mengindikasikan adanya risiko yang lebih tinggi terkena diabetes atau penyakit jantung.

Biasanya ditandai oleh gejala-gejala seperti meningkatnya kadar gula dalam darah, kadar kolesterol, dan lingkar pinggang, di antara faktor lainnya. Singkong memiliki kandungan flavonoid dan serat yang dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sindrom metabolik dan komplikasi terkait lainnya. Manfaat umbi ini menjadi lebih efektif ketika dijadikan pangan utama pengganti nasi atau gandum.

2. Sumber Serat Sehat

Singkong merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung serat sehat. Mengonsumsi serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang sehingga akan terhindar dari makan berlebihan.

3. Membentuk Tubuh Langsing dan Sehat

Manfaat singkong rebus untuk kesehatan selanjutnya yaitu membentuk tubuh langsing dan sehat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus. Sebaiknya hindari pengolahan singkong dengan cara digoreng. Hal ini karena kandungan minyak dalam makanan yang digoreng dapat mengandung lemak jenuh.

4. Menguatkan Otot dan Menyehatkan Jaringan

Singkong rebus mengandung karbohidrat yang dapat membantu membangun serta menguatkan otot-otot. Selain itu, singkong juga mengandung protein yang menjaga kesehatan otot dan menyehatkan jaringan.

Singkong juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga massa otot pada orang tua.

5. Meningkatkan Energi

Manfaat singkong rebus untuk kesehatan selanjutnya yaitu meningkatkan energi. Hal ini karena singkong mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk membangun energi.

Saat tubuh memiliki cukup energi, maka otak akan bekerja lebih efisien. Selain itu, singkong juga mengandung vitamin B1 atau tiamin yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan karbohidrat sebagai energi, sehingga karbohidrat tidak akan menumpuk dalam tubuh.

6. Meningkatkan Kekebalan 

Manfaat lain dari singkong rebus yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan folat dan vitamin C. Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyingkirkan virus dan bakteri. Sedangkan folat membantu produksi sel-sel dalam tubuh agar berjalan normal serta mencegah mutasi DNA.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Selain itu, singkong juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Singkong merupakan sumber kalium yang berperan penting dalam penurunan tekan darah. Selain itu, serat dalam singkong juga berperan dalam penurunan tekanan darah.

Perlu diketahui, peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan natrium sangat penting guna mengurangi risiko tekanan darah dan penyakit kardiovaskular.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Singkong juga dapat membantu menjaga kesehatan indra penglihatan kita, Konsumsi singkong dengan asupan pas dapat membantu tubuh dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Ini telah dipenuhi dengan kandungan vitamin A, singkong dapat membantu meningkatkan penglihatan, juga dapat mencegah kebutaan atau gangguan penglihatan. Cocok untuk diberikan pada Si Kecil dalam mencegah terjadinya rabun mata sejak dini.

9. Mengatasi Cacingan pada Anak

Makan singkong rebus diketahui dapat membantu mengatasi cacing dan parasit berbahaya di perut dan usus manusia. Akar singkong membantu menghilangkan cacing di usus dan menjaga kesehatan tubuh. Cobalah untuk merebusnya dengan suhu yang panas, setelah itu minum sekali sehari.

Ini bisa jadi alternatif selain meminum obat cacing yang dijual di pasaran ya.

10. Menambah Napsu Makan Harian

Moms, anak sedang susah makan atau sedang mengalami picky eaters? Yuk berikan mereka alternatif karbo selain nasi dengan singkong rebus! Karbohidrat dan serat dalam singkong memainkan peran penting dalam mengembalikan nafsu makan anak-anak. Jika anak sedang merasa lelah dan tidak nafsu makan, karena alasan emosional atau fisik, cobalah memasukkan beberapa potong umbi ini ke dalam menu hariannya.

Bisa dikonsumsi tanpa menggunakan lauk tambahan juga, lho!

Cara Mengolah Singkong yang Benar

Saat hendak mengonsumsi singkong, Anda perlu mengolahnya dengan benar. Hal ini penting untuk menghilangkan zat sianida yang berbahaya pada singkong.

Agar lebih aman dikonsumsi, singkong perlu diolah dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu, kemudian merendam bagian batangnya yang berwarna putih di dalam air bersih selama 48-60 jam.

Setelah proses perendaman selesai, lanjutkan dengan memasak singkong hingga benar-benar matang sempurna. Anda bisa menggoreng, merebus, atau mengukus singkong selama minimal 25 menit. Hal ini untuk mencegah keracunan sianida akibat mengonsumsi singkong mentah atau yang dimasak kurang matang.

Konsultasikan dengan dokter gizi untuk mengetahui jumlah yang aman dalam mengonsumsi singkong. Selain menentukan takaran konsumsi, dokter juga dapat merekomendasikan makanan lain untuk melengkapi nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh Anda.

Sekian artikel dari saya tentang manfaat singkong untuk kesehatan, Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang beberapa manfaat singkong untuk kesehatan. Singkong dapat dibuat menjadi berbagai olahan, untuk membuat keripik anda dapat menggunakan mesin keripik singkong agar membuat irisan atu pengolahanya agar lebih mudah.