Cara Merintis Usaha Kecil yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Merintis Usaha Kecil

Menjalani usaha rumahan saat ini adalah hal yang mungkin berkat bantuan teknologi internet yang semakin maju. Kamu hanya tinggal mengetahui cara merintis usaha kecil di rumah beserta ide bisnis kedepannya.

Merintis usaha kecil-kecilan di rumah di bawah ini bisa dimulai dari nol atau dari awal. Inilah cara membuka usaha di rumah dan jenis usaha pilihan yang bagus untuk kamu coba.

5 Cara Merintis Usaha Kecil

cara merintis usaha kecil

Pelaku usaha yang membuka sebuah bisnis kecil-kecilan di rumah memberikan keuntungan mulai dari modal yang kecil, sampai membuat kamu punya waktu lebih banyak untuk keluarga dibanding membuka secara toko fisik.

Beberapa cara membuka usaha kecil-kecilan di rumah mudah untuk kamu ikuti dan dipelajari. Ini dia tips dan cara melakukannya.

1. Memikirkan Ide Usaha

Memikirkan usaha yang akan dijalankan memang tidak gampang atau tidak susah. Pasti ada banyak sekali ide yang berkecamuk di kepala kamu, tapi hal itu malah membuat bingung dan bimbang.

Kalau begitu, pilihlah ide usaha dengan modal yang kecil saja terlebih dahulu. Salah satu contohnya adalah bisnis kuliner keripik pisang yang potensi pelanggannya besar karena semua orang butuh cemilan.

Tinggal kamu kembangkan lagi bisnis kuliner seperti apa yang akan dijalankan nanti.Untuk mendapatkan ide dengan mudah, kamu bisa melihat usaha kecil apa saja yang bisa dilakukan dari rumah sendiri.

2. Riset

Cara merintis usaha kecil selanjutnya adalah melakukan riset secara dalam-dalam. Riset ini akan membantu kamu dalam perencanaan dalam menjalani usaha ke depannya.

Riset dimulai dari persiapan untuk membuka sebuah usaha. Pertama, kamu harus tahu duu target pasar. Usaha kecil-kecilan biasanya akan dimulai dari cakupan target pasar yang kecil terlebih dahulu.

Kedua, jenis bisnis apa yang ingin kamu dijalankan, mau itu menjalankan dengan membuka toko fisik atau toko online. Hal ini akan mempengaruhi biaya operasional usaha.

Ketiga, perlu juga mencari siapa saja pesaing yang ada di sekitarmu. Keberadaan pesaing bisa membuat lebih bersemangat lagi dalam mengeluarkan ide-ide menarik untuk menarik pelanggan nantinya.

3. Mempersiapkan Modal Usaha

Jika memulai usaha yang dilakukan membutuhkan sebuah modal, kamu perlu mempersiapkan modal itu. Berapa banyak modal usaha yang diperlukan hanya kamu sendiri selaku pemilik usaha yang tahu.

Modal awal jumlahnya pasti tidak perlu besar. Kamu pasti bisa mempersiapkannya dari tabungan yang kamu miliki.

Modal termasuk hal penting karena kamu bisa menyediakan semua kebutuhan usaha dengan modal ini. Berapa jumlahnya juga harus dipastikan dan dihitung karena akan mempengaruhi perhitungan bisnis ke depannya.

4. Menganggarkan Modal

Cara merintis usaha kecil di rumah yang harus dilakukan yaitu menganggarkan modal. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pasti modal yang dibutuhkan nanti karena benar-benar harus dicatat secara rinci.

Walaupun nanti suatu saat ada perubahan harga karena harga kebutuhan usaha bisa berubah-ubah, cara ini akan memudahkan dalam menyiapkan modal yang cukup.

Kelebihan modal itu tidak menjadi masalah karena bisa menyimpan sisa modal untuk dana darurat usaha. Sebaliknya jika modal berkurang, nantinya akan kesulitan mempersiapkan semua keperluan usaha kecil yang kamu jalani.

Selain itu, modal yang pasti juga akan memudahkan dalam hal menentukan harga produk yang akan dijual. Apalagi jika ingin mengincar keuntungan, jadi penentuan harga memang tidak bisa dilakukan dengan tebak-tebakan begitu saja.

5. Cara Merintis Usaha Kecil dengan Mencari Pemasok Bahan Baku

Modal untuk usaha biasanya akan banyak dihabiskan untuk memasok semua bahan baku produk. Kalau sudah tahu bahan baku apa saja yang dibutuhkan untuk produk mu, maka harus menemukan pemasoknya.

Cari pemasok yang menyediakan bahan baku berkualitas bagus dan terjangkau. Bangun hubungan baik dengannya karena akan menjadi jalan mulus jika bisa bekerja sama lama dengannya.

Anda bisa mencari pemasok yang berdekatan dengan lokasi usaha untuk memudahkan proses pengirimannya nanti. Namun jika pemasok bahan baku terbaik ada di lokasi yang lumayan jauh juga tidak masalah. Jangan lupa untuk memperhitungkan ongkos biaya pengiriman.

Cukup sampai disini membahas tentang cara meintis usaha kecil kali ini. Bagi kamu yang ingin memulai usaha, kamu bisa mencoba usaha cara memulai usaha kecil jualan cara bikin keripik tempe tapioka . Selamat mencoba