Menyimpan Bumbu Dapur Di Kulkas Agar awet Dan Tetap Berkulitas

Apakah bumbu dan rempah-rempah dapur bisa disimpan di kulkas? Salah satu cara menyimpan bumbu dapur agar lebih tahan lama adalah dengan menyimpan bumbu dapur di kulkas. Untuk bumbu yang bersifat rimpang, seperti jahe, kunyit, lengkuas, serai, daun jeruk, dan salam, penyimpanan bumbu dapur di lemari es bisa dilakukan. Bumbu instan juga dikemas.

Bawang dan berbagai bumbu seperti mili, merica dan ketumbar tidak boleh disimpan di lemari es. Keduanya lebih baik pada suhu kamar. Karena mempengaruhi tekstur dan kualitas bawang merah serta dapat menimbulkan jamur yang berbahaya bagi kesehatan.Untuk bumbu lainnya seperti mili, merica dan ketumbar, menyimpannya di lemari es akan lebih cepat kering.

Namun, jika ingin mempertahankan keduanya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal di atas terjadi. Simak cara menyimpan bumbu di lemari es agar lebih tahan lama!

baca juga: https://bisnisbergaransi.com/cara-membuat-jus-jambu/

Cara Menyimpan Bumbu Dapur Di Kulkas

menyimpan bumbu dapur dikulkas

Menyimpan Bumbu Dapur di Kulkas lebih dari sekadar merapikan. Hal ini dikarenakan bakteri yang terdapat pada bahan tersebut masih dapat membusuk atau merusaknya, sehingga diperlukan metode khusus untuk meningkatkan daya tahannya. Inilah cara mendinginkan bumbu Anda agar lebih tahan lama.

Cabai

Cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan cabai di kulkas agar lebih awet dan tahan lama adalah sebagai berikut:

  • Jangan mencuci cabai dan membuang tangkainya karena itu akan membuat cabai lebih cepat busuk atau rusak.
  • Pastikan paprika kering dan tidak basah sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Keringkan dengan kain jika perlu
  • Tempatkan cabai dalam wadah berlapis kertas dan tambahkan beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas.
  • Kemudian tutup dengan handuk kertas lain untuk menutup wadah dengan rapat.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara yang bisa dilakukan sebelum menyimpan bawang merah dan bawang putih di kulkas adalah sebagai berikut:

  • Untuk bawang merah dan putih bisa dikupas lalu di cuci bersih, keringkan hingga benar-benar kering.
  • Jika ingin menggunakan bawang bombay utuh, Anda dapat dengan mudah menyimpannya dalam wadah kedap udara yang dilapisi kertas tisu.
  • Namun jika ingin digunakan untuk menggoreng, haluskan atau cincang kasar dan masukkan ke dalam springy ice maker dan masukkan ke dalam freezer. Pembekuan membuat bawang lebih lama.

Cara Menyimpan Bumbu Halus di Kulkas

menyimpan bumbu dapur di kulkas

 

Kulkas adalah tempat yang tepat untuk menyimpan bumbu halus. Kulkas yang lebih dingin akan menyimpan bumbu lebih lama.

Namun, teman-teman jangan menyimpan bumbu giling sembarangan di lemari es. Sehingga bumbu high-end yang disimpan di lemari es bertahan lebih lama. Jadi apa sydah faham cara-caranya? berikut ini kami jelaskan.

  • Tumis Terlebih Dahulu hingga Matang
  • Masukkan Garam
  • Masukkan ke Dalam Wadah Tertutup

Jahe, Kunyit, Lengkuas dan Rempah Lainnya

Untuk jahe, kunyit lengkuas dan rempah lainnya supaya lebih awet bisa melakukan cara ini untuk menyimpannya dikulkas agar tetap awet:

  • Jahe, kunyit, lengkuas bisa dibersihkan terlebih dahulu, cuci bersih dan keringkan. Untuk Lengkuas tidak perlu dicuci terlebih dahulu.
  • Anda kemudian dapat menyimpan dalam plastik dan segel vakum atau menggunakan wadah kedap udara dan tutup dengan kertas dapur terlebih dahulu. Untuk bumbu bumbu seperti rempah, anda bisa menyimpan dalam wadah kedap udara tanpa tisu sudah cukup.

Nah, berikut ini cara menyimpan berbagai bahan dapur yang bisa Anda terapkan di rumah agar lebih awet dan segar.Menyimpan dengan benar menghemat uang dan mencegahnya cepat rusak. Selamat mencoba!