Mudah ! Resep Muffin Tapai Raisin Enak Dirumah

Mau buat kue tapi bingung mau buat kue apa ? Coba buat muffin yuk, ya kue muffin yang mungkin sudah jarang ditemui resep muffin tapai raisin ini tentunya sangat mudah untuk anda coba sendiri di rumah. Nah yuk simak resepnya berikut ini.

Asal Usul Muffin

Muffin bukan lagi jenis kue yang sulit ditemukan. Hampir semua toko yang menjual kue menawarkan jeni dan pilihan rasa kue yang berbeda-beda. Namun tahukah Anda bagaimana asal mula pancake dan bagaimana sejarahnya?

Asal usul kata pie berasal dari Moofin, yang disebutkan pada awal 1700-an. Kata moofin berasal dari kata Jerman muffen. Kata Muffen berasal dari kata Muffe yang berarti kue kecil, sedangkan banyak juga yang menyebutnya dengan Moufflet yang berarti lembut.

Muffin ini awalnya dibuat dalam cetakan berbentuk mangkuk khusus. Adonan muffin ini mirip dengan adonan roti pada umumnya tetapi memiliki tambahan ragi yang cukup untuk membuatnya lebih ringan dan lebih lembut dari roti.

Awalnya muffin ini dibuat dengan tambahan perlash yang merupakan bahan tambahan yang membuat tekstur muffin menjadi lebih lembut dan halus. Sampai akhir abad kedelapan belas, zat ini masih digunakan sampai sekarang, dan digantikan oleh baking powder.

Dulu pie yang dibuat tidak banyak karena hanya memiliki satu rasa, tidak seperti sekarang. Banyak kue kini dibuat menjadi berbagai macam makanan, mulai dari tambahan cokelat dan keju hingga kue rasa kari yang gurih.

Karena bentuknya yang mirip, pai dan kue mangkuk banyak diasosiasikan. Keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan terkait satu sama lain meskipun mereka berasal dari spesies yang berbeda. Cupcake pertama kali disebutkan pada tahun 1828, lama setelah kue menyebar.

Perbedaan antara muffin dan cupcakes

1. Muffin

Selain tidak didinginkan, kue memiliki tekstur yang lebih melembapkan. Itu tidak terlalu manis, dan terkadang dibuat versi yang bagus.

Muffin juga bisa dibuat dari tepung terigu dan diisi dengan buah-buahan atau kacang-kacangan kering, sehingga lebih sehat, meski tidak seindah cupcakes. Karena lebih mengenyangkan, orang Amerika biasanya memakannya sebagai menu sarapan atau sebagai camilan.

Tekstur kuenya lebih berat karena teknik blendingnya. Lemak bekas yang ada pada mentega cair, minyak zaitun dan juga atau margarin cair ini perlahan akan dicampur dengan gula.

Muffin paling mudah dibuat karena hanya menggunakan mangkuk dan sendok. Setelah bahan kering diaduk, tambahkan bahan cair.

Cukup campur dengan menggunakan sendok anda bisa menggunakan metode sama untuk membuat kue dan kue wortel. Hasilnya adalah remah yang lebih tebal dan lebih kaya dari cupcake.

2. Cupcake

Bisa dibilang cupcakes adalah kue mini dan tergolong dessert. Pilihan manis seperti vanila, cokelat, dan beludru merah. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, ringdan dan tipis karena makanan ini mengandung telur dan mentega. Yang pasti, selalu ada olesan krim atau cokelat di atasnya.

Teknik pembuatan cupcakes disebut creaming. Krim ini dibuat dengan cara mencampurkan lemak keras seperti margarin atau mentega dengan gula pasir. Pastikan lemak berada pada suhu kamar agar mudah larut dalam gula.

Menurut situs She Knows adonan bisa dicampur dengan sendok kayu, kocokan kawat, hand mixer, atau standing mixer. Namun, pastikan untuk menggunakan pengocok (pengocok datar) alih-alih pengocok kawat, karena adonan akan menghasilkan banyak udara.

Seperti membuat biskuit dan kerupuk, metode ini menciptakan gelembung udara kecil yang membuat remah menjadi lembut. Namun, pastikan untuk tidak mengaduk terlalu lama atau mentega akan meleleh. Itu juga bisa mengeluarkan gelembung udara dan membuat adonan berminyak. Jika dipanggang, kue akan keras atau keras.

Resep Muffin Tapai Raisin

Bahan A :

1 sendok teh Baking Powder
250 gr Tepung Protein Rendah (Kunci)
3/4 sendok teh soda kue
25 susu bubuk
1/2 sendok teh garam
100 gr keju cheddar parut

Bahan B:

150 gr gula pasir
2 butir telur besar
200 gr tapai manis
60 gr mentega/margarin (lelehkan dan tunggu hangat)
250 cc Susu Cair Full Cream
60 gr Minyak Goreng / Minyak Canola
1 sdt ekstrak vanila
100 gr kismis

Topping:

taburan keju secukupnya

Resep Muffin Tapai Raisin :

  1. Lelehkan mentega dengan menggunakan api kecil sampai setengah meleleh, lalu matikan api dan aduk sampai semua mentega meleleh, sisihkan.
  2. Kemudian haluskan tapai dengan menggunakan garpu, lalu buang batang tengahnya, sisihkan dahulu. Campur semua bahan A (kecuali keju), saring dan sisihkan.
  3. Bahan B: Kocok telur dan gula pasir dengan whisk sampai gula larut. Masukkan tapai.
  4. Tambahkan bahan lainnya: susu, minyak, mentega dan keju sambil diaduk sebentar.
  5. Masukkan bahan A (tepung) ke bahan B (telur), aduk rata menggunakan whisk sambil diaduk rata (masih oke) agar muffin tidak keras dan lengket.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang muffin hanya 3/4 penuh karena muffin akan mengembang. Tambahkan taburan kismis atau toping yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  7. Terakhir taburi dengan keju parut sesuai selera. Lalu panggang didalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180-190 C selama kurang lebih 30 menit, atau bisa sesuai dengan oven masing-masing.
  8. Muffin tapai kismis siap dihidangkan, selamat mencoba guys.

Bagaimana tertarik untuk mencoba resep muffin tapai raisin ini di rumah sendiri ? Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk anda temui di rumah sendiri. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menyajikan makanan ini untuk keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.