Cara Buat Keripik Kulit Singkong dan Manfaat Kulit Singkongnya!

Seperti yang kita tahu, olahan dari singkong tak pernah mati di pasaran. Keripik singkong adalah olahan dari singkong yang paling menguasai pasaran. Hal ini terbukti dari semakin banyak peminat dan varian rasanya. Namun tak hanya olahan dari buah singkong saja, ternyata kulit singkong juga digunakan untuk pembuatan keripik. Memangnya kulit singkong bisa diolah jadi keripik? Berikut ini adalah penjelasan tentang cara buat keripik kulit singkong.

Keripik Kulit Singkong

cara buat keripik kulit singkong

Karena semakin berkembangnya teknologi dan zaman kini olahan keripik singkong bukan hanya sekedar rasa original dan pedas, banyak pelaku usaha yang berinovasi dengan keripik rasa manis, asam, rumput laut, barberque, dan varian lainnya.

Perkembangan keripik singkong bukan hanya terjadi pada bagian varian rasa, kini kulit singkong pun ikut diolah menjadi cemilan berupa keripik.

Cara membuat keripik kulit singkong juga sudah banyak tersedia di artikel dan youtube sehingga memudahkan pelaku usaha meniru dan berinovasi dari resep-resep itu. Jadi kulit dan singkongnya bisa kamu olah menjadi keripik. Untuk memotong singkong menjadi keripik kamu bisa menggunakan mesin pemotong singkong.

Manfaat Kulit Singkong

Singkong merupakan umbi-umbian yang tersedia di Indonesia dan memiliki banyak peminat juga manfaat. Manfaat singkong memang luar biasa, sehingga jenis umbi ini bukan hanya enak tapi juga menyehatkan. Ketika kamu akan mengolah suatu bahan pasti kamu akan mencari tahu lebih dahulu apa saja manfaat bahan itu.

Di dalam 100 gram singkong, terkandung sekitar 150 kalori dan bermacam-macam nutrisi seperti berikut ini:

  • 38 – 40 gram Karbohidrat.
  • 1 – 1,2 gram protein
  • 20 – 30 miligram vitamin C
  • 1 -2 gram Serat.
  • 20 miligram kalsium
  • 300 miligram kalium
  • 25 – 30 mikrogram folat

Umbi yang satu ini juga mengandung magnesium, zinc, selenium, fosfor, vitamin A dan B, serta beragam jenis antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid.

Sebelum kita membahas cara buat keripik kulit singkong, ada baiknya kita tahu apa saja manfaat singkong dan kulit singkong bagi diri kita. Di bawah ini adalah manfaat dari singkong dan kulit singkong, antara lain :

Menguatkan Gigi dan Tulang

Karena daging sekaligus kulit singkong mempunyai kandungan kalsium, mengonsumsi umbi ini bisa dipakai sebagai alternatif sumber kalsium bagi tubuh kita.

Menambah Energi

Singkong mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, kamu bisa mendapatkan energi tambahan untuk menjalani aktivitas sehari-hari jika mengonsumsi singkong.

Merupakan Sumber Serat dan Karbohidrat Kompleks

Selain kalori, singkong juga kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Kedua nutrisi yang terkandung dalam singkong ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi peradangan.

Memiliki Kandungan Antioksidan yang Baik

Manfaat singkong dan kulit lainnya bisa diperoleh dari kandungan vitamin C dan A, serta beta-karoten di dalamnya. Vitamin C dan vitamin A adalah antioksidan yang memilik fungsi sebagai pelindung tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi kerutan di kulit.

Sementara beta-karoten yang terkandung dalam singkong berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kambuhnya gejala asma, mengurangi risiko kanker, serta baik untuk kesehatan kulit dan mata. Asupan nutrisi ini juga dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti degenerasi makula terkait usia atau AMD dan katarak.

Cara Buat Keripik Kulit Singkong

cara buat keripik kulit singkong

Setelah kita tahu manfaat dan penjelasan dari singkong dan kulitnya, akan lebih baik jika kita tahu cara mengolahnya. Pengolahan Kulit singkong bisa dibilang gampang-gampang susah.

Daripada kamu hanya menebak-nebak bagaimana cara buat keripik kulit singkong lebih baik simak penjelasan di bawah ini tentang bagaimana resep-resep olahan singkong di bawah ini :

Bahan-bahan :

  • 300 gram kulit singkong ambil bagian bewarna putih
  • 450 ml air
  • 2 bawang putih, sudah dihaluskan
  • 1/ sdm ketumbar, sudah dihaluskan
  • 2 sdm gula merah, sudah disisir halus
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama siapkan panci, masukkan air, dan masak sampai mendidih.
  2. Selanjutnya masukkan kulit singkong, rebus selama 5 menit, jika sudah angkat lalu tiriskan.
  3. Kemudian potong bentuk persegi kulit singkong yang sudah direbus, dan sisihkan.
  4. Lalu masukkan bawang putih dan ketumbar yang sudah halusk ke dalam kulit singkong. Jangan lupa tambahkan gula merah dan garam, aduk hingga rata.
  5. Kemudian, jemur kulit singkong di bawah terik sinar matahari sekitar 1-2 hari atau hingga kering.
  6. Jika kulit singkong sudah kering, panaskan minyak dan goreng kulit singkong sampai kering. Angkat, lalu tiriskan.
  7. Sajikan.